Hadapi Norwegia, Portugal Gagal Petik Angka

1 Norwegia v Portugal 0

Kamis, 09 September 2010 – 10:50 WIB

OSLO - Performa Portugal di kualifikasi Euro 2012 terus menurunSetelah ditahan imbang tim gurem Siprus 4-4 pada matchday pertama lalu (3/9), Seleccao das Quinas -julukan Portugal- kembali gagal memetik angka penuh saat meladeni tuan rumah Norwegia di Oslo kemarin

BACA JUGA: Carlos Tevez Ingin Ban Kapten

Portugal dipaksa pulang dengan tangan hampa setelah kalah 0-1.

Norwegia mencuri kemenangan dari tim berperingkat delapan dunia itu lewat gol striker Erik Huseklepp pada menit ke-21
Dia memanfaatkan kecerobohan kiper Eduardo yang gagal menangkap tendangan keras John Carew

BACA JUGA: Jacksen: Materi Musim Ini Lebih Baik

Gol tunggal itu melambungkan Norwegia ke puncak klasemen sementara grup H
Di sisi lain, Portugal tertahan di peringkat keempat.

Bagi Norwegia, kemenangan tersebut sedikit di luar dugaan

BACA JUGA: JK Sarankan PSM Mundur Saja

Sebelum laga, pelatih Egil Olsen sempat mengkhawatirkan badai cedera yang menimpa timnyaDia tidak bisa memainkan defender tangguh John Arne Riise yang cedera saat berlatih (6/9)Sayang, hal itu tidak bisa dimanfaatkan PortugalTanpa Cristiano Ronaldo yang juga cedera, serangan Portugal kurang menggigit.

"Awalnya saya mengira hasil imbang melawan Siprus akan membuat Portugal termotivasi untuk bangkitKami sudah mengantisipasi jika mereka berniat menampilkan permainan ketat dan terorganisasi," jelas Olsen seperti dilansir AFP"Anak-anak sangat ingin mengalahkan tim terkuat di grup H dan mereka all-out melakukannya," imbuhnya.

Selain faktor mental, Olsen menyebut pertahanan yang prima sebagai kunci kemenangan timnya"Kedua tim bermain secara defensifSiapa yang pertahanannya lebih kuatlah yang menangKalau Anda tanya saya, sebenarnya kami belum pantas menang, karena tidak menciptakan banyak peluang di depan," papar pelatih yang baru setahun menangani Norwegia itu.

Norwegia memang pantas menangMereka lebih kuat di tengah dan selalu memenangi perebutan bolaCarew dkk juga bermain lebih efektifMeski hanya membuka dua peluang, satu di antaranya sukses dikonversi menjadi gol.

Sebaliknya, Portugal membuang banyak peluangIni juga merupakan efek dari sukses para penggawa Norwegia menerapkan penjagaan ketat terhadap winger Portugal NaniKetika satu-satunya kreator serangan Seleccao itu dimatikan, segala upaya menyamakan kedudukan pun kandas.

"Kami gagal memetik poin karena gol Norwegia terjadi pada menit-menit awalSaat itu kami belum menguasai pertandingan dan langsung dikejutkan gol cepat," papar Agostinho Oliveira, pelatih karteker Portugal, seperti dilansir Reuters"Anak-anak kurang tenang di babak keduaPadahal, kekuatan mental sangat diperlukan ketika dalam kondisi tertinggal," tambahnya.

Kendati tim asuhannya kini mendekati posisi juru kunci grup H, Oliveira masih yakin Portugal lolos ke putaran finalDia menganggap Norwegia yang kini memimpin klasemen bukan kandidat yang pantas berangkat ke Polandia dan Ukraina dua tahun lagi.

"Norwegia itu outsider, tim dari luar yang tidak masuk hitunganKalau melihat peta kekuatan di grup ini, Denmark dan Portugallah yang akan lolos," sumbar Oliveira"Kami masih punya enam pertandingan tersisa dan kami masih bisa lolos," tegasnya(na/c2/ca)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemain Persib Ancam Hengkang


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler