Hadapi Persib, Siapa Ujung Tombak Persebaya?

Rabu, 17 Oktober 2018 – 00:31 WIB
Penyerang Persebaya Surabaya David Da Silva dan Osvaldo Haay melakukan selebrasi usai mencetak gol di Liga 1 2018. Foto: Persebaya

jpnn.com, SURABAYA - Pelatih Persebaya Surabaya Djadjang Nurdjaman putar otak menyusun komposisi pemain setelah dipastikan David da Silva absen saat laga melawan Persib Bandung, 20 Oktober mendatang.

Melempemnya performa Rishadi Fauzi membuat kemungkinan menggeser winger sebagai striker terbuka lebar.

BACA JUGA: PSM Harus Cetak Lebih Tiga Gol Kontra Persib

Stok winger yang melimpah memang cukup menguntungkan Persebaya. Di posisi itu, ada Oktafianus Fernando, Ferinando Pahabol hingga Osvaldo Haay. Belum lagi, Green Force –julukan Persebaya- akan kembali diperkuat Irfan Jaya kala bersua Persib Bandung.

Menang, Djanur –sapaan Djadjang- masih akan melatih ketajaman Rishadi Fauzi dan Riky Kayame sebagai pengganti Da Silva. “Tapi tak menutup kemungkinan kami melakukan opsi lain. Osvaldo Haay bisa ditaruh di situ (striker),” kata pengganti Angel Alfredo Vera itu.

BACA JUGA: Klasemen Liga 1 Pekan ke-25, Panas di Atas, Rapat di Bawah

Jika Osvaldo diplot sebagai ujung tombak, besar kemungkinan posisi winger akan dipercayakan kepada Irfan Jaya dan Pahabol. Keputusan tersebut memang belum final. Karena itu, Djanur lebih memilih fokus untuk mengasah finishing.

“Kemarin (lawan Borneo FC) banyak peluang, tapi gagal menjadi gol. Masalah kami ada di penyelesaian akhir. Akan kami drill terus,” tegasnya.

BACA JUGA: Bandung Melawan, Suporter Persib Ajukan 5 Tuntutan ke PSSI

Sementara untuk pengganti Robertino Pugliara, Djanur belum bisa memastikan. Dia lebih memilih untuk memaksimalkan pemian yang ada.

Termasuk menarik Oktafianus Fernando yang merupakan winger menjadi gelandang serang. “Masih banyak opsi (pemain). Tinggal diputar posisi saja,” terang Djanur.

Masalah bukan hanya ada di lini depan. Lini belakang juga terancam keropos. O.K John dipastikan absen kontra persib akibat akumulasi kartu. Itu artinya, Persebaya hanya menyisakan tiga stopper saja. Yakni, Otavio Dutra, M Syaifuddin dan Andri Muliadi.

Sejatinya, masih ada Izaac Wanggai yang bisa dimainkan sebagai bek tengah. Sayang, mantan penggawa Persipura Jayapura itu masih dibekap cedera. Karena itu, dalam latihan kemarin Djanur hanya fokus untuk melakukan recovery saja. Pemain yang turun sebagai starter dalm laga kontra Borneo FC (13/10) diberi banyak waktu istirahat.

“Kami ingin mereka (pemain) rileks,” kata pelatih asli Majalengka itu. Meski sudah mulai berlatih, tapi Djanur tak menampik mental penggawa Green Force masih belum oke.

Dua kekalahan beruntun menjadi penyebabnya. “Masih kelihatan (anjlok) sekali ya. Tapi saya ajak bangun karena kami tak punya banyak waktu,” tegas Djanur. (gus)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Jamu Borneo FC, Persebaya Tidak Paksa Da Silva Berlaga


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler