Hadapi SEA Games, Latihan ke Aussie

Selasa, 25 Agustus 2009 – 16:22 WIB

JAKARTA – Gagal membawa pulang medali emas di SEA Games Nakhon Ratchasima, Thailand edisi 2007, memberikan pelajaran berharga bagi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI).  Otoritas salah satu cabang olahraga air di tanah air itu tak mau lagi perenangnya gagal saat tampil di SEA Games XXV/2009, Laos, Desember mendatang.

Untuk itu PB PRSI terus berupaya mematangkan kemampuan serta pengalaman perenangnya agar dapat meraih hasil yang diinginkan di pesta olahraga multievent dua tahunanan bangsa Asia Tenggara nanti.

Menurut Wakil Sekjend PB PRSI, Abdurrahim, sejak awal 2009 lalu pihaknya telah memprogramkan serangkaian try out dengan mengikuti berbagai kejuaraan, di antaranya di Jepang dan kejuaraan dunia di Roma, ItaliaMeski belum mampu mempersembahkan medali bagi PB PRSI, uji coba tersebut dianggap punya dampak positif yang besar

BACA JUGA: Ferrari Hanya Bisa Pasrah

Terutama untuk mengukur peta kekuatan sesama pesaing negara-negara Asia Tenggara.

“Di kejuaraan dunia di Roma, atlet-atlet kita maupun kawasan Asean sudah barang tentu tidak menempati posisi di atas
Kita berada di posisi di bawah

BACA JUGA: Wenger Dihantui Cedera Fabregas

Tapi kita ingin tahu kekuatan lawan kita untuk SEA Games nanti,” tutur Abdurrahim, temui di Sekretariat PB PRSI, kolam renang Senayan, Jakarta.

Nah, program PB PRSI untuk terus meningkatkan kemampuan perenangnya, tidak hanya sampai disitu saja
Menjelang semakin dekatnya pelaksanaan SEA Games, pihaknya berencana untuk menggelar TC (training center) di luar negeri dengan membidik Australia sebagai tempat pemusatan latihan.

Namun tidak semua perenang akan diboyong ke Australia

BACA JUGA: Cabor Ekstra Ikut ISG dan AIG dengan Biaya Sendiri

Menurut Rahim -sapaan akrab Abdurrahim- kesempatan hanya diberikan bagi perenang yang dinilai benar-benar berpotensi menyumbang emas di SEA Games nantiDari bocoran Rahim, kemungkinan hanya empat perenang yang akan mengikuti TC ke AustraliaSementara selebihnya tetap di dalam negeri.

“Tapi itu masih dalam rangka wacana yang nanti akan kita wujudkan andaikata ada kesepakatan antara PAL, PB maupun pengurus daerahKemungkinan kita ke AustraliaHarapan kami kalau bisa akhir bulan ini atau awal bulan depan karena waktu juga sangat singkat,” imbuhnya.

Sampai saat ini pihaknya masih menggodok siapa saja perenang yang berhak mendapatkan tiket TC ke AustraliaNamun dari pengakuan Rahim, kesempatan lebih besar didapat atlet-atlet yang masuk dalam Program Atlet Andalan (PAL)Di Australia, nanti selain TC mereka juga akan mengikuti sejumlah kejuaraan sebagai ajang try out.

Terkait SEA Games, PB PRSI juga belum menentukan berapa jumlah perenang yang akan diboyong ke Laos, disebabkan belum ditetapkannya kuota atlet dari KONI/KOINamun pihaknya saat ini tengah mempersiapkan sekitar 10 perenangJumlah tersebut bisa berkurang tergantung kuota atlet yang ditetapkan KONI/KOI nantinyaPB PRSI sendiri belum berani menjanjikan angka pasti raihan emas di SEA Games nantiNamun Rahim memastikan setidaknya lebih baik dari SEA Games edisi sebelumnya(raj/JPNN)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suryo Agung Kejar Target Pribadi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler