Hadapi Spanyol, Deschamps Pesimis

Selasa, 16 Oktober 2012 – 09:52 WIB
Didier Deschamps
SPANYOL versus Prancis belum digelar, Didier Deschamps seakan mengibarkan bendera putih menghadapi Spanyol. Itu seiring pernyataan pelatih Prancis tersebut yang terkesan pesimistis terhadap kemampuan anak asuhanya mencuri angka dari Spanyol.

"Kecil kemungkinan kami bisa menyulitkan Spanyol. Tidak diragukan lagi, Spanyol memiliki pemain yang lebih berkualitas secara individu maupun kolektif. Mereka adalah tim terbaik dunia," kata Deschamps kepada Le Parisiens.

Pernyataan Deschamps, sepertinya, memang cenderung realistis ketimbang kidology (psywar dengan melempar beban kepada lawan). Berkaca dari kekalahan dari Jepang (12/10), Deschamps kembali mengeluhkan tidak adanya  sosok pemimpin dalam skuadnya.

"Kami membutuhkan seroang leader yang mampu menaikkan lagi motivasi tim setelah kebobolan atau setelah kekalahan," ucap Deschamps.

Kapten Prancis saat ini adalah Hugo Lloris yang notabene bukan pilihan langsung Deschamps alias warisan pelatih sebelumnya, Laurent Blanc. Tapi, Lloris juga seorang kiper yang kerap dianggap kurang ideal kala harus berkomunikasi dengan sepuluh rekannya di dalam lapangan di tengah pertandingan.

Tidak hanya secara posisi, Lloris juga dianggap tidak dalam mood terbaiknya saat ini karena situasi di klubnya saat ini, Tottenham Hotspur. Dengan statusnya di Les Bleus, Lloris justru masih harus memperjuangkan status sebagai kiper utama Spurs (sebutan Tottenham).

Eks winger Prancis Robert Pires sependapat dengan Deschamps. Pires menilai skuad Prancis saat ini membutuhkan sosok pemain seperti Deschamps. Kepemimpinan Deschamps berhasil membawa Prancis sebagai juara Piala Dunia 1998 dan Euro 2000.

"Prancis tidak lagi memiliki pemain seperti Didier (Deschamps). Dia adalah pemain yang cerdas dan selalu menempatkan kakinya di waktu yang tepat," kata Pires yang menjadi rekan setim Deschamps kala memenangi Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 itu seperti dikutip BBC. (dns)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Antisipasi Serangan Dari Sayap

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler