Hadapi UAN, Pelajar Basuh Kaki Guru

Senin, 19 Maret 2012 – 09:40 WIB

MEULABOH–  Pelajar SMP Negeri II Mereubo, Kabupaten Aceh Barat, membasuh kaki  guru mereka sebagai ucapan terimakasih, kemarin. Selain itu, pelajar juga meminta doa restu dari sang guru untuk mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) dan ujian akhir nasional (UAN).

Awalnya, di SMP Negeri II Meureubo mengelar Maulid Nabi Muhammad SAW dan sekaligus perpisahan murid kelas III yang tinggal beberapa bulan lagi, kemarin.

Namun, menjelang akhir kegiatan, kalangan pelajar kelas III terlihat membariskan belasan kursi dan gayung. Guru mereka pun ditarik untuk duduk diatas kursi tersebut, sepatu dan sandal guru dilepas, lalu kaki sang guru dimasukan kedalam wadah yang telah berisikan air.

Tapak kaki belasan guru di SMP Negeri II Meureubo di bersihkan oleh muridnya. Hal tersebut dilakukan pelajar sebagai ucapan terimakasih terhadap para guru yang telah dengan tabah, setia, dan yakin penuh untuk tetap mendidik mereka selama hampir tiga tahun hingga menjadi anak yang berilmu pengetahuan.

Ketulusan sang murid membasuh kaki guru mereka, merubah suasana yang tadi ceria menjadi penuh haru. Kalangan pelajar dan guru saat itu, terlihat sangat terlarut dan hanyut dalam suasana sedih tersebut. Mereka berpelukan sambil meminta maaf satu dengan yang lainnya, sambil menuturkan "Jika ada kesalahan dan kesilapan selama ini, mohon dimaafkan".  

Ridwan Syarif, pelajar kelas III SMP II Meureubo yang membasuh kaki gurunya, menuturkan, mencuci kaki guru tersebut sebagai rasa ucapan terimaksih karena ia dan teman-teman telah dididik selama hampir 3 tahun dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. ”Tamat SMP saya akan melanjutkan ke SMA untuk mengejar cita-cita menjadi dokter,” katanya.

Membasuh kaki itu, dituturkan Kepala Sekolah SMP Negeri II Meureubo, Drs. Abdulrahman, sebagai ucapan terimaksih anak - anak terhadap guru yang telah mendidik mereka selama ini. "Saya mengharapkan seluruh anak-anak mampu lulus UAN dengan hasil yang memuaskan. dan Jangan lupa tetap belajar di rumah, katanya.

Pelaksanaan UAS telah didepan mata, akan berlangsung pada tanggal 26 - 31 Maret 2012. Segala persiapan untuk menghadapi UAN juga telah dilakukan pelajar, yang akan dilakukan pada tangggal 23 hingga 26 April 2012. Usai kalangan murid menghadapi ujian tersebut, maka mereka akan lulus dan meninggalkan SMP tersebut. (den)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Sekolah Muhammadiyah Gelar Ujian Agama Sendiri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler