Hadapi valencia, Barca di Atas Angin

Minggu, 03 Februari 2013 – 16:54 WIB
VALENCIA – Barcelona jauh memimpin klasemen sementara Primera Division Spanyol meninggalkan lawan-lawannya. Atletico Madrid yang menjadi pesaing terdekat ditinggal 11 poin di belakang (58-47). Apalagi Real Madrid di posisi ketiga yang tertinggal 15 poin.

Sulit membayangkan duo Madrid bisa mengejar ketertinggalan. Jadi, lebih baik bagi Barcelona membagi konsentrasi agar bisa sukses sekaligus di tiga kompetisi. Kebetulan, penentunya pada Februari ini, terutama untuk Liga Champions dan Copa del Rey.

Pada 20 Februari, Barca akan melakoni first leg babak 16 besar Liga Champions melawan AC Milan. Kemudian, pada 27 Februari, mereka akan menghadapi el clasico jilid kelima melawan Real Madrid pada second leg semifinal Copa del Rey.

Supaya konsentrasi mereka bisa fokus pada dua ajang itu, pada awal bulan ini mereka harus menyapu bersih kemenangan di Primera Division. Itu dimulai dari tantangan pertama selama Februari melawan Valencia di Mestalla pada jornada ke-22 dini hari nanti (siaran langsung Trans TV pukul 00.45 WIB).

Menilik pada rekor bentrok kedua tim, sepertinya Barca bisa pulang dengan tiga angka. Kali terakhir mereka kalah dari Valencia di Mestalla pada 18 Februari 2007. Setelah itu dalam 11 pertemuan berikutnya di Primera Division, Barca tak terkalahkan. Mereka menang delapan kali.

Melawat ke Mestalla juga akan menjadi pertandingan yang sarat emosi bagi bek kiri Barca Jordi Alba. Sebab, dia jebolan tim Valencia junior dan debutnya di Primera Division dimulai di Los Che, julukan Valencia, pada 2008 lalu.

”Saya sangat bersemangat kembali ke Mestalla. Valencia telah memberikan saya kesempatan besar bermain di Primera Division dan telah menjadikan saya seperti sekarang,” kata Alba yang kali pertama bermain di Mestalla sejak berseragam Barca, seperti dikutip Sports Network.

Valencia sendiri performanya sedang membaik setelah mengawali musim dengan buruk. Dari lima laga terakhir di Primera Division, mereka hanya kalah sekali dari Real Madrid. Masalahnya, dengan skor telak lima gol tanpa balas.

”Kami menghormati setiap tim. Tentu saja, Barcelona dan Real Madrid memiliki level yang berbeda, tetapi kami tidak takut. Justru itu memotivasi kami dan membuat kami ingin mendapatkan kemenangan,” kata Sergio Canales, gelandang Valencia. (ham/ttg)   

Perkiraan Pemain
Valencia (4-2-3-1)
Pemain : 1-Alves (g); 12-Pereira, 4-Rami, 18-Ruiz, 3-Cissokho; 6-Albelda, 24-T Costa; 11-Piatti, 10-Banega, 17-Guardado; 9-Soldado
Pelatih : Ernesto Valverde

Barcelona (4-3-3)
Pemain : 1-Valdes (g); 2-Alves, 3-Pique, 5-Puyol, 18-Alba; 6-Xavi, 16-Busquets, 4-Fabregas; 17-Pedro, 10-Messi, 7-Villa
Pelatih : Jordi Roura (asisten)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Penggawa Deltras Nikmati Bonus

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler