Hadir dalam Pembukaan Kuliah UMB, Anies Beri Pesan Penting untuk Mahasiswa

Minggu, 28 Agustus 2022 – 09:55 WIB
Salah satu mahasiswa UMB dalam pembukaan perkuliahan 2022-2023. Foto: Dok UMB

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpesan agar mahasiswa aktif di berbagai kesempatan, terutama di dalam perkulihan.

Menurutnya, aktif menjadi kata kunci untuk menguasai materi dengan baik.

BACA JUGA: Bawahan Anies Ini Pastikan Tak Ada Temuan Jual Beli Jabatan di Pemprov DKI

Hal itu disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sambutan Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana (UMB) pada Sabtu (27/8).

“Aktif. Aktiflah di kelas. Aktiflah di luar kelas. Di dalam kelas menguasai materi dengan baik akademik, di luar kelas mengembangkan kepemimpinan, terlibat dalam kegiatan organisasi apapun. Organisasi yang berada di kampus adalah organisasi yang memberikan manfaat,” ujar Anies dalam sambutan yang diputar dalam pembukaan perkuliahan.

BACA JUGA: Keren, UMB Gelar Bazar Amal dan Donor Darah

Anies mengatakan indikator paling sederhana jika menjadi mahasiswa yang baik adalah sibuk dengan berbagai aktivitas positif.

"Bila waktu Anda longgar, maka berharti-hatilah. Anda sedang memasuki rute yang hari ini tampaknya nyaman, tetapi di kemudian hari akan menghasilkan penyesalan. Lihatlah jadwal kuliah Anda. Jika Anda sibuk maka on the right track. Jika longgar waktunya, maka Anda on the wrong track,” tegasnya.

BACA JUGA: UMB Gelar Pekan Ilmiah dan Olahraga Mahasiswa

UMB menggelar acara Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana selama dua hari berturut-turut; Jum’at (26/8) dan Sabtu (27/8) di Gedung Multimedia Kampus Meruya, Jakarta Barat.

Acara digelar secara hibrida tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Menara Bhakti (YMB), Nurani Pudjiastuti, Dipl. FM., Sekretaris Pengurus YMB, Muhammad Irfan, MM., Plt Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Harwikarya, MT dan Wakil Rektor, Dr. Hadri Mulya, jajaran Direktur, para Dekan di lingkungan UMB, dan 100 orang perwakilan mahasiswa dari program Sarjana, Magister dan Doktoral.

Plt. Rektor UMB, Dr. Harwikarya, MT., mengatakan Mahasiswa/i UMB juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas ekstra-kulikuler melalui unit-unit kegiatan yang dapat menunjang kemampuan dan keterampilan mahasiswa/i.

“Banyak di antara mereka yang memiliki pretasi gemilang baik di tingkat nasional maupun regional, seperti meraih medali emas dan perak PON maupun Seagames.”

Harwikarya menegaskan UMB terus beradaptasi dengan perkembangan sains dan teknologi mutakhir.

UMB juga melakukan digitalisasi pendidikan era merdeka belajar melalui pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan model perkuliahn hibrida, yaitu perkuliahan luring alias tatap muka dan perkuliahan daring atau e-learing.

Pada perkuliahan daring atau e-learning mahasiswa dapat mendengarkan penjelasan dosen terkait matakuliah dalam bentuk video interaktif.

"Hal ini semata-mata agar Universitas Mercu Buana dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang kompatibel dengan kebutuhan dunia industri secara global," tegas Harwikarya. (mcr10/jpnn)


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler