Hadir di LME Week 2024, MIND ID Perkuat Integrasi Grup

Selasa, 01 Oktober 2024 – 21:28 WIB
MIND ID meyakini integrasi internal grup bersama seluruh mitra industri pertambangan mineral akan menjadi poin krusial dalam mengoptimalkan peningkatan. Foto: MIND ID

jpnn.com, JAKARTA - BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID meyakini integrasi internal grup bersama seluruh mitra industri pertambangan mineral akan menjadi poin krusial dalam mengoptimalkan peningkatan nilai tambah mineral di masa depan.

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso menyampaikan tujuan utama pembentukan MIND ID adalah untuk dapat mengoptimasi sumber daya alam, sehingga Indonesia memiliki peranan strategis dalam global supply chain mineral global.

BACA JUGA: Konsisten Terapkan GMP, MIND ID Sabet Prestasi di Good Mining Practice Award 2024

“Gelaran London Metal Exchange (LME) Week 2024 di London adalah kesempatan yang baik. Di sinilah kita dapat mencari peluang bagaimana kita dapat melaksanakan mandat dari negara dengan baik,” kata Hendi saat menghadiri ajang London Metal Exchange (LME) Week 2024 di London, Inggris.

Hendi mengatakan Grup MIND ID akan semakin mempertajam rencana alokasi produksi dengan memperkuat interaksi antar-pelaku industri, trader, hingga end-user.

BACA JUGA: Mantap, Dukungan MIND ID Bawa Atlet Indonesia Ukir Prestasi di Kancah Intetnasional

Perseroan akan lebih presisi dalam menentukan tingkat produksi sehingga mampu membentuk nilai tambah mineral lebih optimal.

Grup MIND ID terus memperluas aliansi strategis dengan para pemilik cadangan mineral kritis dan mineral strategis global guna memastikan tingkat pasokan dan harga komoditas lebih favorable bagi negara pemilik cadangan.

BACA JUGA: Aset MIND ID Tumbuh 57,22 Persen dalam 5 Tahun, Kini Capai Rp 260 Triliun

MIND ID juga kan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan agar praktik illegal mining dapat ditekan sehingga tidak ada lagi kebocoran pasokan mineral yang dapat merusak harga di masa depan.

"Kalau semua agenda ini selesai, saya rasa ke depan peluang kita adalah tidak hanya mengoptimalisasi dari sisi harga tapi juga signifikan peluangnya dari hilirisasi dengan mendukung pasokan mineral kritis dan mineral strategis di masa depan," imbuh Hendi.

Selain berfokus pada peningkatan kinerja operasional dan peningkatan nilai tambah, MIND ID terus mendorong anggota holding untuk memperkuat posisi dengan memenuhi standar global salah satunya dengan menjadi anggota International Council of Metal and Mineral (ICMM).

Tercatat, dua anggota holding yakni PT Freeport Indonesia (PTFI) dan PT Vale Indonesia Tbk (VALE) telah menjadi anggota ICMM, dan akan diikuti pula dengan Anggota Grup MIND ID lainnya.

"Anggota holding yang lain kini sedang dalam proses ke sana. MIND ID sendiri sudah sejak setahun yang lalu berproses menjadi anggota ICMM dimana kita punya standar yang diacu oleh global mining company yang sangat peka dengan sustainablity dan low emission," pungkas Hendi. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... MIND ID Buktikan Komitmen Hilirisasi, Smelter Freeport Indonesia di Gresik Resmi Produksi


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler