Hadiri Pembukaan Kongres ke-21 PMII, Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Harapan Ini

Sabtu, 10 Agustus 2024 – 03:39 WIB
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (dua dari kiri) turut hadir dalam acara pembukaan Kongres ke-21 PMII yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (9/8). Foto: Dokumentasi Humas Kemnaker

jpnn.com, PALEMBANG - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) mampu melahirkan generasi pemimpin masa depan.

Harapan tersebut disampaikannya seusai menghadiri Pembukaan Kongres ke-21 PMII di Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (9/8).

BACA JUGA: Buka Rakernas KSBSI, Menaker Ida Fauziyah Sampaikan Pesan Penting Ini ke Serikat Buruh

“Agar generasi muda mampu menjadi pemimpin masa depan, mereka harus memiliki karakter kuat, sikap kepemimpinan yang ditempa di organisasi-organisasi kepemudaan atau kemahasiswaan seperti PMII, dan tentunya harus berdaya saing,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Sebagai upaya untuk mendorong lahirnya generasi pemimpin masa depan yang kompeten, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memiliki kebijakan Pengembangan Talenta Muda.

BACA JUGA: Kemnaker Terapkan Penempatan Pekerja Migran Indonesia di Yordania Lewat Skema SPSK

Kebijakan tersebut merupakan bagian dari Sembilan Lompatan Kementerian Ketenagakerjaan di era kepemimpinan Ida Fauziyah.

Adapun implementasi kebijakan tersebut di antaranya menyediakan layanan Talent Hub yang berada di bawah Pusat Pasar Kerja.

BACA JUGA: Selamat, Menaker Ida Raih Penghargaan Pioner Transformasi & Kemitraan Ketenagakerjaan

Selain itu, Kemnaker juga telah membangun Talent Corner yang ada di setiap Balai Pelatihan Vokasi dan Porduktivitas (BPVP) yang di bawah naungan Kemnaker.

“Arah kebijakan pengembangan talenta muda ini adalah mengembangkan dan mengoptimalkan sumberdaya generasi Z dan generasi milenial menjadi talenta muda yang unggul dan kompetitif dalam rangka menyambut tantangan pekerjaan masa depan,” terang Menaker Ida.

Kongres ke-21 PMII mengusung tema 'Bersama Memenangkan Indonesia, Memimpin Peradaban Dunia' yang dibuka secara langsung oleh Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mewakili Presiden Joko Widodo.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto dalam sambutannya berharap PMII terus menjadi penggerak dan penjaga perubahan bangsa Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat melaksanakan kongres ke-21 PMII. Saya yakin forum permusyawaratan tertinggi ini akan mampu melahirkan pemikiran dan program yang bernafas dan bermanfaat bagi kemajuan bangsa dan negara yang kita cintai Bersama,” kata mantan Panglima TNI itu.

Turut hadir dalam acara ini, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Ketua DPR sekaligus Mabinas PB PMII Abdul Muhaimin Iskandar, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, dan sejumlah tokoh masyarakat. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler