Hadiri Peringatan Mertua, Istri Penguasa Korut Hamil Tua

Selasa, 18 Desember 2012 – 10:06 WIB
BERBADAN DUA: Ri Sol-ju berdiri di samping Kim Jong Un saat mengheningkan cipta untuk Kim Jong Il. Foto: AP Photo
PYONGYANG – Kabar soal lama menghilangnya istri penguasa Korea Utara (Korut) Kim Jong-un, 29, akhirnya terungkap. Spekulasi bahwa Ri Sol-ju, mantan penyanyi yang dinikahi cucu pendiri Korut Kim Il-sung pada 2009 itu, sedang berbadan dua ternyata bukan isapan jempol.

Hal ini terlihat saat peringatan setahun meninggalnya Kim Jong-il, mantan pemimpin Korut yang juga ayah Jong-un, kemarin (17/12). Dalam acara setahun kematian ayah mertuanya yang disiarkan stasiun televisi pemerintah itu, perut ibu negara Korut tersebut terlihat membesar.

Kabar kehamilan Ri beredar setelah mantan biduan itu tidak pernah lagi tampil di depan publik selama dua bulan terakhir. Sebelumnya, sejumlah kalangan juga berspekulasi bahwa putri pasangan profesor dan dokter itu menghilang karena adanya penolakan dari para elite politik di Korut.

Dalam acara kenegaraan kemarin, Ri tampak berdiri di samping kanan suaminya. Mengenakan busana tradisional hanbok (baju tradisional perempuan Korut) terusan warna hitam, Ri tak bisa menyembunyikan perutnya yang sedang membuncit. Postur tubuhnya juga tampak gemuk. Bersama para petinggi Korut lainnya, mereka menundukkan kepala untuk memberikan penghormatan kepada mendiang Kim Jong-il.

’’Tampaknya Ri memang sedang hamil tua,’’ ungkap Kantor Berita Korsel Yonhap kemarin. Chosun Ilbo, salah satu surat kabar terbesar Korsel yang bermarkas di Seoul, lewat situs internetnya, malah meramal kelahiran bayi Ri akan terjadi dalam waktu tidak lama lagi.

Berita mengenai keberadaan Ri sebagai istri Kim Jong-un baru terungkap pada Juli lalu. Saat itu, beredar sejumlah foto yang memperlihatkan seorang perempuan muda tengah menemani pemimpin generasi ketiga di Pyongyang tersebut dalam beberapa acara resmi kenegaraan. Ri juga beberapa kali mendampingi Jong-un dalam acara konser musik dan peresmian tempat rekreasi.

Televisi nasional Korut pun saat itu memastikan bahwa perempuan muda tersebut adalah istri Kamrad Kim Jong-un. Selanjutnya, dibeberkan identitas Ri meski tak banyak informasi yang terungkap. Kemunculan Ri di depan publik pun menghapus kesan dan citra lama bahwa Korut selalu menutup rapat kehidupan pribadi para penguasanya.

Menurut laporan intelijen Korsel yang dikutip media di negara itu, pasangan Jong-un dan Ri menikah pada 2009. Sebelumnya, mereka dikaruniai seorang anak pada 2010.

Rumor kehamilan Ri beredar ketika dia tak lagi tampil di depan publik sejak September lalu. Lalu, dia hanya muncul sekali sebulan kemudian dalam beberapa foto. Ketika itu, Ri mengenakan jubah panjang yang menunjukkan dirinya sedang hamil.

Sementara itu, peringatan setahun wafatnya Kim Jong-il berlangsung dengan khidmat di Kota Pyongyang. Acara itu juga berlangsung di tengah kebanggaan rakyat Korut atas keberhasilan peluncuran roket jarak jauh pada 12 Desember lalu. Ribuan orang warga sipil dan militer berbaris di luar kompleks pemakaman Kumsusan Memorial Palace (Palace of the Sun). Mereka pun mengheningkan cipta tiga menit.

Mengenakan baju hangat untuk melawan udara dingin, massa pun mendengarkan pidato berisi pujian atas Kim Jong-il yang disampaikan Jong-un dari balkon. Penguasa Korut tersebut mengenakan setelan serbahitam saat itu.

Selama acara peringatan tersebut, Korut memamerkan pula jenazah Kim Jong-il yang sudah diawetkan dengan tetap mengenakan busana khasnya baju parasut khaki.
Kim terbaring dalam ruang beberapa lantai di bawah ayahnya, mendiang Kim Il-sung di Kumsusan Memorial Palace. Jenazahnya diselimuti kain merah. Sebuah lampu menyoroti bagian wajahnya dalam ruang bernuansa merah.

Korut juga memamerkan perahu milik Kim dan gerbong kereta untuk acara pemakamannya. Ssejumlah barang milik Kim juga diperlihatkan. Misalnya, jaket hangat, kacamata, dan sepatu yang dia pakai selama hidup. Lantas, sebuah laptop MacBook Pro diletakkan di mejanya. (AFP/AP/cak/dwi)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Agen Federal Buru Toko Penjual Senpi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler