Hadiri Puncak Peringatan HUT Ke-44 Dekranas, Tyas Fatoni Turut Kenalkan Wastra Sumsel

Kamis, 16 Mei 2024 – 19:35 WIB
Pj Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni turut menghadiri puncak peringatan HUT ke-44 Dekranas yang berlangsung di Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5). Foto: Dokumentasi Humas Pemprov Sumsel

jpnn.com, SURAKARTA - Penjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumatera Selatan (Sumsel) Tyas Fatoni menghadiri puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Acara yang dihadiri Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu berlangsung di Alila Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5).

BACA JUGA: Tyas Fatoni Beri Dukungan Kepada Perwakilan Sumsel yang Ikuti Jambore Nasional PKK 2024

Iriana tiba sekitar pukul 09.00 WIB mengenakan kebaya berwarna oranye.

Hadir juga sejumlah istri pejabat, seperti Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin, dan Ketua Harian Dekranas Tri Suswati alias Tri Tito Karnavian.

BACA JUGA: Pj Ketua TP PKK Tyas Fatoni Kukuhkan Ketua Pembina Posyandu Kabupaten se-Sumsel

Hadir pula seluruh anggota Organisasi Aksi Solidaritas Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Pada kesempatan ini, Ibu Negara mengucapkan selamat ulang tahun ke-44 untuk Dekranas sekaligus selamat datang kepada pengurus Dekranas, para Ketua Dekranas se-Indonesia dan para undangan yang hadir.

BACA JUGA: Tyas Fatoni Lantik Triana Sandi Fahlepi Sebagai Pj Ketua TP PKK Muba

"Bismillahirrahmanirrahim, saya buka acara ini," kata Ibu Negara saat membuka acara dilanjutkan memotong tumpeng yang kemudian diserahkan ke Ketua Umum Dekranas.

Dalam kesempatan yang sama, Wury Ma’ruf Amin berharap agar Dekranas dapat mewadahi para pengrajin lokal dan meningkatkan perekonomian masyarakat juga menggunakan bahan yang disediakan alam.

Hal tersebut juga sesuai dengan tema yang diusung, yaitu ‘Back to Nature’.

"Agar Dekranas bisa menjadi pendorong dan wadah bagi para perajin lokal agar mampu berdaya saing dengan memanfaatkan penggunaan bahan alam,” kata Wury.

Sementara itu, Pj Ketua Dekranasda Sumsel Tyas Fatoni menyebut pada momen HUT ke-44 tahun kali ini pihaknya berkomitmen mendorong kemajuan para pengrajin di Bumi Sriwijaya agar selalu berkreativitas dan meningkatkan kemampuan diri untuk menghasilkan karya terbaik.

"Pada peringatan HUT Dekranas ini, kami (Sumsel) ikut berpartisipasi dalam pameran Dekranas dan mengenalkan wastra Sumsel kepada khalayak. Wastra Sumsel yang mana dalam proses pengerjaan dan pewarnaannya selalu menggunakan bahan-bahan alami, baik dari material kain dan corak warnanya. Ini sesuai dengan konsep Back To Nature,” ujar Tyas Fatoni.

Rangkaian acara HUT ke-44 Dekranas juga akan dimeriahkan dengan parade mobil hias kriya dan budaya.

Selain itu juga diselenggarakan pameran produk unggulan di setiap daerah dan pelatihan bagi para perajin. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler