Hadirkan Pangkogabwilhan III, PPKBM Untar Tekankan Peningkatan Kualitas Diri Mahasiswa

Kamis, 15 Agustus 2024 – 15:55 WIB
Pangkogabwilhan III Letjen Richard Taruli Horja Tampubolon saat hadir dalam seminar kebangsaan pada kegiatan PPKBM Untar 2024 yang diikuti 3 ribu mahaswa baru Universits Tarumanagara pada Rabu (14/8). Foto: Dokumentasi Untar

jpnn.com, JAKARTA - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) III Letnan Jenderal TNI Richard Taruli Horja Tampubolon menekankan peningkatan kualitas diri dapat menjadikan mahasiswa lebih percaya diri, mandiri, dan bertanggung jawab.

Hal itu disampaikannya dalam sesi seminar kebangsaan pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PPKMB) 2024 yang diselenggarakan Universitas Tarumanagara (Untar) di Tarumanagara Arena Kampus I Untar pada Rabu (14/8).

BACA JUGA: Untar Memperkuat Sinergi Kolaborasi Pentahelix Lewat Acara Media Gathering

Kegiatan yang mengusung tema Untar untuk Indonesia dan Dunia: Inovasi Keberlanjutan 'Memantik Rasa Ingin Tahu untuk Mendorong Kreativitas' itu diikuti 3 ribu mahasiswa baru program sarjana dari 8 fakultas di Untar.

Letjen Richard Tampubolon mengajak para mahasiswa baru untuk membentuk karakter yang kuat dan tangguh, serta bangga sebagai warga negara Indonesia dengan berpedoman pada Pancasila.

BACA JUGA: Raih Gelar Doktor Hukum Untar, Mia Hadiati Usulkan Mediasi Mengenai Hal Ini

“Jadikan keragaman suku, agama, ras, dan budaya di Indonesia sebagai pemersatu yang kuat, bukan sebagai tembok pembatas," pesannya.

Dia juga mengajak mahasiswa harus berkarakter dan berwawasan.

BACA JUGA: Selamat, Untar Masuk Top Universitas Dunia THE dan Edurank 2024

"Karena kalianlah yang menjadi agen perubahan dengan peran penting dalam menjaga kelestarian sumber daya alam Indonesia,” tegasnya.

Letjen Richard Tampubolon juga menekankan pentingnya menjaga diri dari bahaya narkoba yang dapat menghancurkan masa depan pribadi dan bangsa.

Dia juga menyampaikan mahasiswa merupakan bibit unggul yang diharapkan dapat berdedikasi untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Rektor Untar Prof Agustinus Purna Irawan dalam sambutannya berharap agar mahasiswa baru dapat berproses di Untar menjadi pribadi yang berkualitas dan berdaya saing.

“Kalian dapat berkarya dan berkontribusi tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk masyarakat sesuai dengan tagline Untar untuk Indonesia dan dunia,” pesan Prof Agustinus.

Rektor Untar juga menekankan pentingnya menanamkan nilai-nilai integritas, profesionalisme, dan entrepreneurship (IPE) sebagai landasan penting dalam pengembangan akademik dan profesional di masa depan.

Selain Pangkogabwilhan III Letjen Richard Tampubolon, Untar juga mendatangkan Pa Sahli Tk. III Kasad Bidang Intekmil dan Siber Mayor Jenderal TNI Agustinus Purboyo, dan Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo sebagai narasumber dalam seminar kebangsaan tersebut.

PKKMB Untar 2024 berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (16/8).

Kemudian dilanjutkan dengan Upacara Peringatan HUT ke-79 RI pada Sabtu (17/8/2024) di Kampus II Untar. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler