Halo, Apa Kabar Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung?

Jumat, 07 Juli 2017 – 12:03 WIB
Ilustrasi. Foto: source

jpnn.com, JAMBI - Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi Jambi mulai mempertanyakan progres pembangunan tiga mega proyek di Provinsi Jambi.

Tiga mega proyek tersebut yakni pelabuhan Ujung Jabung, Pasar Modern Angso Duo dan Jambi Bisnis Center (JBC) .

BACA JUGA: Zumi Zola Belum Mau Terbuka soal Mundurnya Sekretaris DPW PAN

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Ar Syahbandar mengatakan saat belum terlihat secara jelas sejauh mana progres pembanguan tiga objek vital Pemerintah Provinsi Jambi tersebut.

Syahbandar mengungkapkan, DPRD Provinsi Jambi telah menyelesaikan perda untuk pelabuhan Ujung Jabung sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

BACA JUGA: Maulana Pastikan Diri Mendaftar ke Hanura

“Untuk itu saya mendorong ini dilanjutkan. Aturan untuk pembebasan lahan juga telah ada,” katanya.

Apalagi saat ini sebut Syahbandar, Kepulauan Riau juga membangun pelabuhan internasional. Untuk itu pelabuhan Unjung Jabung harus segera diselesaikan sehingga dapat besinergi dengan baik.

BACA JUGA: Penangkapan Tiga Perampok Bak Film Aksi, Kejar-Kejaran sampai ke Kebun Sawit

“Ini akan bersinergi dengan pelabuhan kita,” imbuhnya.

Sementara untuk pasar angso duo modern kata Syahbandar, diharapkan bisa selesai dalam waktu dekat, sehingga bisa ditempati dan di manfaatkan oleh pedagang. Begitu juga dengan JBC, agar segera dibangun sebagai pusat bisnis di Jambi.

“Memang saat ini masih ada beberapa kendala dalam pembanguan JBC ini, untuk itu Pemprov juga besinergi dengan Pemerintah Kota Jambi dalam pembangunan akses lainya,” ungkapanya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik, ketika dikonfirmasi mengatakan, pembanguan Pelabuhan Ujung Jabung terus berjalan dengan bantuan dana dari APBN, begitu juga dengan akses menuju pelabuhan.

Sementara itu untuk Pembangunan Angso Duo, Pemprov masih menunggu janji dari pihak kontraktor yang akan menyelesaikan pembangunan pada bulan agustus mendatang.

“Kita tunggu janji kesepakan bersama beberapa waktu lalu,” katanya.

Terkait dengan pembangunan JBC, Erwan mengatakan, saat ini masih menunggu Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pemerintah Kota Jambi. IMB ini belum dikeluarkan karena sebelumnya ada revisi terkait izin AMDAL pembangunan JBC.

“Kita masih menunggu proses perizinan ini,” katanya. (nur)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Polisi Periksa Kantong Kresek Hitam, Eh, Isinya Puluhan Paket Ganja


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler