Hamdalah, Maluku Utara Kini Memiliki Dua Pahlawan Nasional

Selasa, 10 November 2020 – 22:35 WIB
Calon wali kota Tidore Kepulauan petahana Ali Ibrahim dan ilustrasi Pahlawan Nasional Sultan Baabullah. Foto: Ist for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Calon wali kota petahana Tidore Kepulauan Ali Ibrahim mengapresiasi setinggi-tingginya keputusan Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Sultan Baabullah, di Istana Negara, Selasa (10/11).

"Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Presiden Jokowi atas pemberian gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Baabullah," ujar Ali dalam keterangannya.

BACA JUGA: Jenazah Janda Penghuni Rusun Dimakamkan di Pedamaran, Keluarga Minta Pelaku Dihukum Berat

Ali juga mengucapkan selamat kepada masyarakat Maluku Utara atas ditetapkannya Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional.

Dengan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Sultan Baabullah, maka Maluku Utara kini memiliki dua pahlawan nasional.

BACA JUGA: Yanto Ditangkap, Motif Pembunuhan Janda 2 Anak Penghuni Rusunawa Terungkap, Oh Ternyata

"Alhamdulillah, Maluku Utara telah memiliki dua pahlawan nasional. Pertama, Sultan Nuku Muhammad Amiruddin dari Kesultanan Tidore dan Sultan Baabullah dari Kesultanan Ternate," ucapnya.

Ali secara khusus menyampaikan harapan agar ke depan pemberian gelar pahlawan nasional juga diberikan kepada para pejuang kemerdekaan lain dari Tanah Maluku Utara.

BACA JUGA: SM Amin Nasution Mendapat Gelar Pahlawan Nasional

"Semoga ke depan ada juga pemberian gelar lagi kepada tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan dari Moloku Kie Raha. Seperti Sultan Zainal Abidin Syah dari Kesultanan Tidore dan lainnya," kata Ali.

Untuk Diketahui, Presiden Jokowi juga memberikan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh lain yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya.

BACA JUGA: Pembunuh Janda Dua Anak di Rusunawa Ditangkap, Nih Penampakannya

Pemberian gelar diberikan pada Hari Pahlawan Nasional, 10 November 2020.(gir/jpnn)

6 Tokoh Penerima Anugerah Gelar Pahlawan Nasional 2020:

1. Sultan Baabullah dari Maluku Utara

2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Papua Barat

3. Jenderal Pol (Purn) Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, Kapolri pertama. Domisili di DKI Jakarta

4. Arnold Mononutu dari Sulawesi Utara. Merupakan tokoh pergerakan dan pernah menjadi menteri penerangan era Presiden Soekarno.

5. Mr. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara

6. Raden Mattaher Bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Jambi


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler