Hamdalah, Zahra Raih Perak di SEA Games 2017

Senin, 28 Agustus 2017 – 04:04 WIB
Medali. ILUSTRASI. FOTO: Pixabay.com

jpnn.com, PEKANBARU - Perenang belia Riau, Azzahra Permatahani berhasil meraih perak di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri pada SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia.

Perenang berusia 15 tahun tersebut menjadi perenang kedua asal Riau yang berhasil menyumbangkan medali untuk Tim Merah Putih di iven SEA Games 2017.

BACA JUGA: Indonesia Cuma Kawinkan Perak Bola Voli SEA Games 2017

Dipartai finalnomor 400 meter gaya ganti perorangan putri yang digelar Sabtu (26/8) malam di National Aquatic Centre, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Azzahra finish dengan catatan waktu 4 menit, 50,39 detik.

Dia harus mengakui keunggulan perenang Vietnam, Thi Anh Vien Nguyen yang meraih medali emas dengan catatan waktu 4 menit, 45,82 detik. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Singapura, Ching Hwee Gan dengan catatan waktu 4 menit, 54,51 detik.

BACA JUGA: Mengharukan, Perjuangan Megawati Cs Berakhir Perak

Atas capaian prestasi tersebut, Azzahra mengaku sangat bersyukur. Ia mengaku tidak menyangka bakal berhasil meraih medali pada iven yang baru pertama kali ia ikuti tersebut.

Apalagi dia juga berhasil memperbaiki catatan waktu di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri sekaligus memperbaiki rekor nasional atas namanya sendiri.

BACA JUGA: Indonesia Berpeluang Tambah Emas dari Bulu Tangkis

Sebab di nomor yang sama siswi kelas XI, SMA Cendana Rumbai tersebut sebelumnya juga mencatat rekornas dengan capaian waktu 4 menit, 51,46.

"Alhamdulillah, saya tidak menyangka bakal melampaui rekornas sebelumnya dan juga berhasil menyumbangkan medali perak untuk Indonesia. Ini merupakan iven SEA Games pertama tang saya ikuti," ujar anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan Hanif Rusjdi dan Nunik Mahawati tersebut.

Pada iven SEA Games 2017, Azzahra turun dibeberapa nomor pertandingan. Selain di nomor 400 meter gaya ganti, ia juga turun di nomor 400 meter dan 800 meter gaya bebas perorangan putri. Kemudian 200 meter gaya kupu-kupu dan 200 meter gaya dada serta 200 meter gaya ganti perorangan putri.

Sebelumnya atlet renang Riau, Anandia Treciel Vanessae Evato juga berhasil meraih perunggu di nomor 100 meter gaya dada perorangan putri. Di nomor tersebut medali emas diraih oleh atlet Malaysia Jinq En Phee dengan catatan waktu 1 menit, 09,00 detik.

Kemudian medali perak diraih perenang Singapura, Samantha Louisa Ginn Yeo dengan capaian waktu 1 menit, 09,44 detik. Sedangkan Vanessa diurutan ketiga dengan catatan waktu 1 menit, 10,82 detik.(luk)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perjuangan Timnas Indonesia U-22 Memang Berat


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler