Hanya Tujuh Hari Pilih 23 Pemain Timnas

Sabtu, 18 Februari 2012 – 07:30 WIB
Aji Santoso di depan para pemain. Foto: Doli Siregar/Malang Post/JPNN

BATU - Pelatih timnas sepabola Indonesia Aji Santoso hanya memiliki waktu tujuh hari untuk menilai kualitas 23 pemain pilihannya. Selama training center (TC) di Kota Batu yang dimulai 16 hingga 22 Februari mendatang, Aji akan memilih 18 pemain yang akan dibawa ke Bahrain dalam laga lanjutan pra-Piala Dunia 2014 putaran III grup E Zona Asia 29 Februari mendatang.

Aji berencana mengumumkan lima pemain yang dicoret sebelum 24 Februari. "Sebelum uji coba lawan Persebaya (24/2) di Surabaya nanti, 18 pemain yang akan dibawa akan diumumkan," ujar Aji setelah memimpin latihan di Lapangan Agrokusuma, Kota Batu, kemarin (17/2).

Sebenarnya, Aji memanggil 29 nama untuk ikut TC. Namun enam pemain terpaksa tidak bisa ikut. Pemain Persebaya Andik Vermansyah dibutuhkan di timnas U-21 yang berlaga di Piala Hassanal Bolkiah 25 Februari-5 Maret 2012 di Brunai Darussalam.

Sedangkan lima pemain lainnya, yakin Kurnia Meiga Hermansyah, Hendro Siswanto, Ahmad Al Farizi, Sunarto, dan Dendi Santoso tidak boleh ikut TC karena tak memiliki klub. Mereka berlima saat ini menganggur setelah mengundurkan diri Arema Indonesian Premier League.

Dalam TC hari kedua kemarin, materi latihan langsung tertuju pada koordinasi dan taktik permainan.  Sadar betul akan kekuatan Bahrain masih di atas Indonesia, mantan pemain Arema tersebut langsung menjajal kemampuan pemain belakangnya.

Walau nama-nama pemain yang dibawa baru diumumkan satu minggu lagi, namun pemain yang akan dibawa ke Bahrain mulai terlihat. Empat pemain belakang yang berpeluang mendapatkan tempat adalah Abdul Rahman, Wahyu Wijiastanto, Diego Michiels, dan Hengky Ardiles.

Sedangkan untuk pemain tengah, nama-nama seperti Taufiq, Rendy Irawan, Slamet Nurcahyo, Samsul Arif, dan Ferdinand Sinaga juga mendapakan kans lebih. Di barisan depan Irfan Bachdim sepertinya juga akan dibawa ke Bahrain. "Semua pemain masih memiliki kemungkinan yang sama untuk dimainkan lawan Bahrain," tambah dia.

Menurutnya, untuk menghadapi Bahrai, timnas harus memperbaiki semua lini. Sebenarnya target timnas bukanlah pra-Piala Dunia karena kansnya sudah tertutup. "Tim ini didominasi pemain muda karena diproyeksikan untuk SEA Games XXVII di Myanmar tahun depan," terangnya. (iw/fir/ruk)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Lin dan Knicks Tak Kunjung Kalah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler