Harapan Presiden Jokowi kepada Perguruan Tinggi di Masa Pandemi

Selasa, 03 November 2020 – 17:53 WIB
Presiden Joko Widodo. Foto: arsip JPNN.Com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan pandemi Covid-19 menjadi momentum perbaikan ekosistem pendidikan nasional.

Menurut Jokowi, pandemi dengan segala dampaknya di setiap sendi kehidupan justru menyadarkan semua pihak akan pentingnya sumber daya manusia (SDM) tangguh yang mampu bergerak dengan cara-cara luar biasa dalam beradaptasi menghadapi kesulitan sehingga unggul dalam persaingan.

BACA JUGA: Menpora RI Dorong Pelibatan Perguruan Tinggi Dalam Pengembangan Sport Science

Jokowi menyampaikan hal tersebut saat meluncurkan program Merdeka Belajar Episode 6 yang mengangkat tema Transformasi Dana Pemerintah untuk Pendidikan Tinggi secara virtual, Selasa (3/11).

"Pandemi harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk memperbaiki ekosistem pendidikan nasional, salah satunya perguruan tinggi," ujarnya, Selasa (3/11).

BACA JUGA: 12 Inovasi Pelayanan Publik Indonesia akan Diikutkan di Ajang UNPSA 2021

Presiden Ketujuh RI itu menambahkan, perguruan tinggi di era persaingan saat ini perlu merelaksasi kurikulum dari yang sebelumnya bersifat kaku menjadi lebih fleksibel.

Perguruan tinggi, katanya, juga perlu membuka diri terhadap paradigma-paradigma baru dan cara-cara yang lebih responsif serta pendekatan-pendekatan dengan sudut pandang keilmuan yang lebih luas.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Luncurkan Inovasi Tingkatkan Kedisiplinan Protokol Kesehatan

Kebijakan mengenai key performance indicators (KPI) dosen, program prioritas perguruan tinggi beserta alokasi anggaran, infrastruktur, hingga berbagai SOP baru juga harus segera dirumuskan.

"Demikian pula halnya di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berbagai standar normalitas baru harus dirumuskan," imbuh Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, saat ini merupakan abad digital. Oleh karena itu, berbagai riset dan pengembangan teknologi di bidang digital sudah semestinya mendapatkan prioritas utama.

Beragam perkembangan teknologi digital seperti analisis big data dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan kini dapat dimanfaatkan untuk berbagai bidang.

Menurut Jokowi, perguruan tinggi harus mengejar inovasi-inovasi tersebut demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa. Dalam tataran praktis, perkembangan teknologi dan inovasi juga diharapkan dapat mendukung pengembangan kemandirian pangan dan energi, serta pengembangan kewirausahaan UMKM di berbagai sektor.

"Perguruan tinggi harus bertransformasi menjadi lebih dinamis. Ciptakan terobosan, bangun iklim kompetisi untuk meningkatkan daya saing, jalin sinergi, jalin kolaborasi dengan BUMN dan industri, talent pool berbasis digital, dan model-model kerja sama lain untuk mengoptimalkan kemampuan serta mendorong prestasi yang lebih baik," kata Jokowi.(tan/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler