Harapan Presiden Jokowi untuk IMI: Cetak Atlet-atlet Balap Berkelas Internasional

Minggu, 19 Februari 2023 – 23:34 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah harapannya saat membuka acara IMI Awards 2021-2022, Sabtu (18/2) malam. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaruh harapan besar terhadap Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Dia mengharapkan IMI mampu mencetak atlet-atlet balap berkelas internasional.

BACA JUGA: Inilah Daftar Peraih Penghargaan IMI Awards, Jokowi Dikukuhkan sebagai Bapak Otomotif

Tujuan agar Indonesia ke depan tidak hanya juara dalam industri otomotif dunia, namun juga juara dalam berbagai ajang kejuaraan otomotif dunia.

"Event ini dapat dijadikan momentum yang sangat baik untuk memacu prestasi para atlet serta menggairahkan event olahraga bermotor internasional di Indonesia," kata Presiden Jokowi saat membuka acara IMI Awards 2021-2022, Sabtu (18/2) malam.

BACA JUGA: Ketum IMI Bambang Soesatyo Sebut 2 Hal Ini Dibutuhkan untuk Memajukan Otomotif Indonesia

Kepala Negara sempat menyinggung keberhasilan Indonesia menyelenggarakan MotoGP Mandalika yang disaksikan secara langsung oleh lebih dari 100 ribu penonton.

"Tahun ini kita juga akan kembali menyelenggarakan MotoGP Mandalika serta Formula E di Jakarta," kata Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menuturkan Indonesia memiliki banyak atlet olahraga bermotor yang telah mengharumkan nama bangsa.

Mulai Tinton Suprapto, Rifat Sungkar, Ananda Mikola, Rio Haryanto, Mario Aji, Sean Gelael dan masih banyak lagi lainnya.

Ketua MPR sekaligus Ketum IMI Bambang Soesatyo menyampaikan selain mengukuhkan Presiden Jokowi ebagai Bapak Otomotif Indonesia, IMI Awards juga memberikan 259 penghargaan.

Ratusan penerima penghargaan meliputi atlet otomotif, para tokoh, serta berbagai kalangan yang peduli pada kemajuan olahraga dan mobilitas otomotif di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet menyebutkan saat ini Indonesia juga memiliki banyak atlet muda yang telah mengharumkan bangsa di berbagai kejuaraan balap internasional.

Seperti Sean Gelael (Runner up FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers dalam ajang FIA World Endurance Championship 2021 dan 2022), Oliver Saadie Ritno Sini (3rd Position Rock Cup Italy 2021 Rd 8) dan Qarrar Firhand (2nd Position Rock Cup Italy 2022 Round 2).

Ada juga Wahyu Nugroho (Position 6 BLU CRU European Cup 2022 Round 3), Aldi Satya Mahendra (Position 5 Asia Road Racing Championship 2022), Andi Farid Izdihar (1st Overall 600 Cc Asia Road Racing Championship 2022).

Kemudian AM Fadli (1st Overall 250 Cc Asia Road Racing Championship 2022), Wahyu Aji Trilaksana (1st Overall 150 Cc Asia Road Racing Championship 2022) serta Veda Ega Pratama (1st Winner Idemitsu ATC Mandalika 2022). (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler