Harbolnas 2023 Digelar 3 Hari, Optimistis Transaksi Tembus Rp 25 Triliun 

Minggu, 10 Desember 2023 – 00:10 WIB
Ketua Umum idEA, Bima Laga menyampaikan Harbolnas 2023 mendapatkan dukungan dari Kemendag, BCA, dan Lazada sebagai mitra resmi belanja online. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, TANGERANG - Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) kembali digelar.

Kali ini, Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) memperoleh dukungan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, BCA, dan Lazada Indonesia (Lazada) sebagai mitra resmi belanja online.

BACA JUGA: Meriahkan Harbolnas, Olike Indonesia Berikan Diskon 50 Persen 

Ketua Umum idEA, Bima Laga mengatakan dukungan dari lintas sektor itu menunjukkan kepercayaan dan harapan besar bahwa ekonomi digital Indonesia bisa mencatatkan pertumbuhan yang besar pada akhir 2023.

Selain itu, transaksi selama penyelenggaraan Harbolnas 2023 diprediksi mencatatkan nominal yang luar biasa. 

BACA JUGA: Peringati Harbolnas 12.12, Kolektibel Hadirkan Menu Bagi Pencinta Basket

“Dukungan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan memperlihatkan komitmen yang luar biasa pada perkembangan industri digital, khususnya sektor perdagangan,” tutur Bima saat peluncuran Harbolnas 2023 di Sumarecon Mall Serpong, Sabtu (9/12).

Dia menambahkan ini salah satu bentuk komitmen pada penerapan Permendag No. 31 yang jelas menegaskan pentingnya kegiatan ini dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

BACA JUGA: Harbolnas 10.10, Vivo Berikan Diskon Menarik untuk Pembelian V21

Belum lagi sektor perbankan yang ditunjukkan dengan bergabungnya BCA dalam mendorong peningkatan daya beli agar konsumen bisa membeli semua kebutuhannya secara lebih efisien selama gelaran Harbolnas. 

"Begitu juga dengan Lazada yang jelas akan sangat membantu pelaku usaha menggapai para konsumennya secara lebih luas sehingga akan mencatatkan transaksi yang menghasilkan cuan,” kata Bima.

Pada kesempatan sama, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menegaskan dukungan Kementerian Perdagangan dalam mendorong kejayaan produk lokal terutama dalam peningkatan akses pasar baik di offline maupun online.

“Pertumbuhan produk lokal berkualitas saat ini sudah sangat membanggakan. Mereka layak mendapat perhatian konsumen dengan membeli dan menggunakannya,” kata Isy tegas.

Dia mengungkapkan tahun ini sebagai bagian dari rangkaian Harbolnas 2023. 

"Kami juga menggelar kegiatan mal ke mal untuk makin mendekatkan dan mempromosikan berbagai produk lokal unggulan,” ujarnya.

Dia mengingatkan masyarakat agar tidak lupa berbelanja dengan memanfaatkan promo produk lokal selama Harbolnas yang mencapai 90 persen.

Selaras dengan Kementerian Perdagangan, dukungan terhadap penyelenggaraan Harbolnas 2023 juga datang dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

“Gaung produk lokal harus makin kuat, karena memang sudah sangat banyak produk dalam negeri yang kualitasnya sangat mumpuni. Kegiatan seperti Harbolnas ini sangat bermanfaat dalam mendorong peningkatan transaksi sehingga ekonomi lokal bisa tumbuh,” ujar Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Liz Zeny

Perkembangan industri UMKM Indonesia yang tumbuh positif menumbuhkan keyakinan capaian transaksi Harbolnas 2023 yang cukup signifikan.

Dengan jumlah peserta melebihi 500 pelaku usaha, idEA sebagai penyelenggara Harbolnas memperkirakan adanya kenaikan transaksi dibanding tahun lalu.

“Jika tahun lalu produk lokal mencatatkan kurang dari 50% dari total transaksi, dengan jumlah peserta saat ini, kami yakin capaiannya bisa lebih tinggi lagi. Kami optimistis produk lokal akan mencatatkan transaksi setidaknya 70% dari total transaksi,” ungkap Bima.

Sementara, untuk total transaksi, Bima menegaskan optimismenya bisa mencapai angka Rp 25 triliun, apalagi dengan dukungan pemerintah, BCA, juga Lazada.

Tentu harapannya konsumen untuk maksimal memanfaatkan semua program promo dalam gelaran pesta diskon ini.

Sebagai mitra resmi belanja online di Harbolnas 2023, Lazada juga menghadirkan banyak promosi khusus untuk mendorong terjadinya transaksi, khususnya pada produk lokal.

Pemberdayaan pelaku bisnis lokal memang selalu menjadi komitmen Lazada sejak lama.

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Intan Ayu Kartika menyampaikan sejak awal pihaknya berkomitmen untuk berkontribusi dalam pengembangan pelaku usaha lokal di Indonesia melalui ekosistem e-commerce kami yang menyeluruh.

Dukungan Lazada pada Harbolnas tahun ini pun sejalan dengan komitmen pemberdayaan usaha lokal, yang yakin memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan dan menguasai pasar Indonesia. 

"Berbagai promosi akan kami hadirkan khusus saat gelaran Harbolnas di platform Lazada, termasuk untuk gratis ongkos kirim,” kata Intan Ayu Kartika.

Sementara, BCA juga menyediakan promo cashback yang sangat menarik.

Senior Vice President BCA, Dody Santosa Iswan mengatakan sebagai bank partner dalam Harbolnas 2023, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) berkomitmen menghadirkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi bagi seluruh nasabahnya.

Sebagai komitmennya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia, selama Harbolnas 2023, BCA memberikan promo menarik di antaranya cashback 30% untuk kegiatan Harbolnas Mall to Mall dengan pembayaran menggunakan QRIS di myBCA pada 7 - 10 Desember 2023 di Harbolnas 2023, Summarecon Mall Serpong.

Diskon hingga 50% untuk pembelian produk lokal di Harbolnas pada aplikasi Lazada dengan menggunakan Kartu Kredit BCA atau Debit BCA pada 10 – 12 Desember 2023.

Harbolnas 2023 akan berlangsung selama tiga hari, yakni 10 dan 11 Desember khusus untuk promo produk lokal.

Sementara, pada 12 Desember, promo akan berlaku untuk semua produk.

Ada banyak peserta atau merchant yang mengikuti program ini.

Untuk bisa melihat beberapa merchant unggulan dalam program ini, konsumen bisa mengunjungi Website Harbolnas di harbolnas.idea.or.id dan memilih brand yang diincarnya. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BPKN Ingatkan Masyarakat Berhati-Hati dengan Gimmick Harbolnas


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Harbolnas 2023   Lazada   BCA   IdEA   Kemendag  

Terpopuler