Harbolnas 2023 Mencatat Angka Transaksi Rp 25,7 Triliun Lebih, Didominasi Produk Lokal

Kamis, 21 Desember 2023 – 21:45 WIB
Program Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2023.mencatatkan angka  transaksi melebihi target yang dicanangkan, yakni mencapai Rp 25,7 triliun. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Program Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 2023, mencatatkan angka  transaksi melebihi target yang dicanangkan, yakni mencapai Rp 25,7 triliun.

Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) sebagai pengelola Harbolnas masih menggandeng NIQ Indonesia untuk mendapat gambaran transaksi yang terjadi selama kegiatan berlangsung. 

BACA JUGA: Dukung Harbolnas 12.12, Tokopedia dan TikTok Menghadirkan Kampanye ‘Beli Lokal’

Executive Director idEA, Arshi Adhini mengatakan ketakjubannya pada potensi yang dimiliki pasar digital Indonesia.

Sebelumnya, banyak yang beranggapan dengan dihapusnya PPKM akan berdampak pada penurunan aktivitas belanja online di marketplace. 

BACA JUGA: Harbolnas 2023 Digelar 3 Hari, Optimistis Transaksi Tembus Rp 25 Triliun 

"Faktanya, optimisme kami, para pelaku industri, terbukti. Transaksi produk lokal mencapai Rp 12,3 triliun selama gelaran Harbolnas 2023 ini. Kami memang optimistis bahwa catatan positif akan bisa diraih,” kata Arshi dalam acara Pemaparan Hasil Riset Harbolnas 2023 di Jakarta, Kamis (21/12).

Dia menambahkan digitalisasi jelas adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, para pelaku usaha lokal, baik UMKM, industri, maupun artisan harus terus meningkatkan keahlian digitalnya.

BACA JUGA: BPKN Ingatkan Masyarakat Berhati-Hati dengan Gimmick Harbolnas

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menilai penting untuk terus mengawal pertumbuhan industri e-commerce ke depan. 

Asisten Deputi Ekonomi Digital Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Theodore Sutarto menyampaikan e-commerce sampai saat ini memang memberikan kontribusi besar dalam ekonomi digital, sehingga apa yang di-capture dalam report harbolnas memberikan potret nyata potensi e-commerce yang mendukung pengembangan ekonomi digital indonesia.

Pada kesempatan sama, Plt. Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Liz Zeny mengapresiasi terselenggaranya Harbolnas 2023 yang juga mendorong transaksi pada produk lokal

“Semua yang terlibat dalam kegiatan menunjukkan kepeduliannya pada perkembangan produk lokal. Komitmen terlihat dengan khusus menyediakan dua hari, ditambah promo yang sangat menarik untuk mendorong transaksi produk lokal," ucapnya.

Dari hasil riset, Liz menambahkan rasa bangga untuk memakai produk buatan Indonesia juga jelas makin meningkat. Ini yang memang seharusnya terjadi.

Perjalanan Gernas Bangga Buatan Indonesia sudah membuktikan bahwa banyak produk lokal yang memiliki tampilan menarik dengan kualitas wahid. 

"Cukup sudah alasan untuk selalu membeli dan memakai produk dalam negeri," tegasnya. 

Survei yang dilakukan NIQ Indonesia pada gelaran Harbolnas 2023 menemukan beberapa fakta menarik di kancah ekonomi digital negeri ini, terlebih pada sektor perdagangan melalui sistem elektronik.

Selain mencatatkan total nilai transaksi sebesar Rp25,7 triliun, terlihat juga bagaimana masyarakat pada kelompok status sosial kelas atas makin gandrung pada produk lokal.

Director of NIQ Indonesia, Rusdy Sumantri mengungkapkan pelaku belanja online pada Harbolnas kali ini didominasi masyarakat dengan kelas ekonomi atas.

Seiring dengan itu, transaksi produk lokal meningkat di banyak kategori. Yang paling mencolok ada di kategori personal care.

"Banyak bermunculan merek-merek lokal untuk kategori perawatan tubuh dan wajah. Merek-merek ini ternyata sangat diterima masyarakat, terlebih kelas atas," sebutnya.

Rusdy juga menyoroti pergeseran asal informasi terkait program Harbolnas 2023 dan awareness dari berbagai merek produk yang beredar di pasaran. Ini untuk pertama kalinya media sosial benar-benar menguasai audiens di Indonesia.

Catatan peningkatan transaksi yang signifikan juga dirasakan Lazada Indonesia yang tahun ini menjadi Mitra Resmi Belanja Online dalam Harbolnas 2023.

 Chief Marketing Officer Lazada Indonesia, Intan Ayu Kartika menegaskan optimismenya bahwa Harbolnas bisa menjadi ajang bagi para penjual lokal untuk meningkatkan penjualan dan menggerakkan perekonomian digital Indonesia. Harbolnas masih menjadi momentum penting bagi merek dan penjual lokal untuk lebih sukses dalam berjualan. 

"Kami juga mencatatkan peningkatan rata-rata transaksi yang cukup signifikan dari sebagian penjual dan brand lokal yang berpartisipasi dalam Harbolnas 2023 di platform Lazada,” ujar Intan.

Menurut Intan, salah satu pendorong meningkatnya penjualan merek lokal adalah kesadaran masyarakat atas makin mumpuninya kualitas produk lokal saat ini. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler