Harga Elektronik Melambung

Kamis, 14 Juni 2012 – 13:37 WIB
SURABAYA - Melemahnya nilai tukar Rupiah sejak Mei lalu, berimbas pada naiknya harga elektronik. Hal ini diungkapkan oleh Regional Manager Electronic Solution Area Timur Bernardh Siregar.

"Dua minggu lalu, produk gadget naik 7 persen. Sementara, harga produk elektronik lainnya, akan mengikuti kenaikan awal Juli. Kenaikannya diperkirakan 2-3 persen," ujarnya.

Ia menjelaskan, produk gadget lebih cepat naik karena produk ini sangat sensitif dengan nilai tukar rupiah. Pabrikan produk gadget sebagian besar di luar negeri. Sehingga diimpor langsung dan pembayarannya masih memakai dollar. Produk ini seperti, BlackBerry, iPad, dan komputer jinjing merk Sony.

Bernadh mengatakan, kenaikan elektronik hampir menyeluruh di awal Juni. Hal ini disebabkan adanya komponen elektronik yang pembayarannya masih memakai dollar. Produk seperti ini lebih banyak pada home appliance. Misalkan seperti mesin cuci, kulkas, dan televisi. "Di Indonesia, memang telah banyak pabrik elektronik, namun sebagian besar komponennya masih impor. Jadi di sini hanya perakitannya saja,"katanya.
      
Ia mengungkapkan, kenaikan ini tidak akan mempengaruhi daya beli konsumen. Apalagi saat ini akan memasuki peak season. Libur sekolah yang dilanjutkan dengan bulan puasa dan lebaran akan memacu penjualan elektronik. "Mungkin konsumen akan menunda membeli, namun jika konsumen benar-benar membutuhkan satu barang elektronik maka tak akan ditunda,"ujarnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh General Manager PT Electrolux Indonesia Area Timur Susanto Junaidi, pihaknya memang berencana menaikkan harga produknya. Kenaikkannya berkisar 2-3 persen saja. Misalkan, mesin cuci dan kulkas akan naik dua persen, sedangkan produk seperti vacuum cleaner naik tiga persen.

Susanto menjelaskan, perusahaan asal Swedia ini belum memiliki pabrikan di Indonesia sehingga produk-produknya murni diimpor. Beberapa negara pengimpornya yaitu Thailand dan Meksiko. Penjualannya sendiri untuk area timur di kuartal pertama mengalamai peningkatan hingga 20 persen. "Kami harapkan akan terus naik hingga akhir tahun nanti,"ujarnya.

Ia menambahkan, kenaikan harga ini tak akan membuatnya mengoreksi target tahun ini. "Segmentasi produk Electrolux merupakan segmen menengah atas, sehingga kenaikan yang sangat tipis ini tak akan menahan mereka untuk membeli produk," katanya.(uma)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Investasi Harus Didukung Kepastian Hukum

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler