Harga Xpander 2021 Kian Terjangkau, Mobil Bekasnya Makin Murah

Kamis, 09 Desember 2021 – 19:43 WIB
Mitsubishi Xpander 2021. Foto: ridho/jpnn

jpnn.com - Xpander berhasil mendongkrak nama besar Mitsubishi setelah jualannya menjadi yang terlaris di seluruh dunia. 

Saat ini harga Xpander 2021 makin terjangkau berkat pajak PPnBM 0%. Harga mobil bekasnya pun semakin mengesankan.

BACA JUGA: Biaya Kepemilikan Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Murah dan Bersahabat

Xpander kali pertama dirilis di Indonesia pada 2017 dan langsung menjadi penantang serius dari Toyota Avanza di segmen mobil keluarga Low MPV.

Pada Januari 2018, market share Xpander tercatat 28 persen, cukup tinggi untuk sebuah mobil baru dengan berbagai pesaing kawakan di Tanah Air.

BACA JUGA: Kencan Singkat dengan Mitsubishi Xpander 2021

Popularitas Mitsubishi Xpander bukan hanya terdapat pada desainnya yang berani, tetapi juga kelengkapan fitur yang membuatnya semakin nyaman dikendarai.

Masih bingung dengan mobil ini? Intip lagi kelebihan dan kekurangan Xpander generasi pertama yang populer dengan bodinya yang maskulin dan kenyamanan tingkat tinggi.

BACA JUGA: Mitsubishi Xpander 2021 Diklaim Pakai ECU Baru, Makin Joss!

Harga Xpander 2021

Mitsubishi sebelumnya membawa edisi terbaru dari Xpander facelift pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di pertengahan November lalu dengan memberikan berbagai perubahan pada mobil ini.

Termasuk membuat harga Xpander 2021 lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

Perubahan yang diberikan memang tak signifikan, tetapi digadang-gadang mampu meningkatkan kenyamanan berkendara.

Penggunaan Electronic Parking Brake tidak hanya membuat tampilan konsol tengah semakin menawan, tetapi juga membuat mobil ini lebih praktis. Termasuk kehadiran transmisi CVT yang memberikan rasa berkendara semakin mulus.

Namun, tentunya hal tersebut berdampak pada harganya. Butuh budget yang lebih tinggi dibandingkan pesaingnya di segmen ini, seperti Daihatsu Xenia maupun Honda Mobilio yang saat ini dibanderol di bawah Rp 200 jutaan.

Berikut harga Xpander 2021 di Indonesia saat ini: 

Xpander GLS M/T Rp 237.900.000

Xpander GLS A/T Rp 248.900.000

Xpander Exceed M/T Rp 246.400.000

Xpander Exceed A/T Rp 257.000.000

Xpander Sport M/T Rp 265.000.000

Xpander Sport A/T Rp 275.000.000

Xpander Ultimate A/T Rp 278.900.000

Melalui semua fitur yang ditawarkan, tentunya harganya menjadi pertimbangan. Di sisi lain, Harga Xpander 2021 di segmen mobil bekas bervariasi tergantung tipe yang ada.

Misalnya saja Xpander GLS 2018 dibanderol mulai dari Rp 170 jutaan, sedang Xpander Ultimate 2018 sebagai tipe tertinggi bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp 190 jutaan.

Di pasar mobil bekas, biasanya model yang paling banyak ditemukan yaitu varian terendah dan varian menengah, seperti Xpander GLX dan Xpander Exceed, baik untuk transmisi otomatis maupun manual. 

Hal yang membedakan harganya yaitu kondisi yang tersedia, seperti kelistrikan maupun kaki-kaki mobilnya.

Mitsubhisi Xpander tetap memesona sebagai bagian penting dari segmen Low MPV berkat kenyamanan setara MPV premium yang ditawarkan.

Begitu pula dengan desainnya yang maskulin dan bold tetapi bagi yang menginginkan harga yang lebih terjangkau, Xpander bekas pun bisa menjadi pilihan, mengingat semua model memiliki umur yang masih muda.

Keunggulan Mitsubishi Xpander bekas

Bukan tanpa alasan Xpander mampu menyalip Avanza ketika mobil ini pertama kali diperkenalkan. Berbagai fitur penunjang diberikan untuk menghadirkan kenyamanan maksimal di dalam mobil.

Berikut beberapa kelebihan Xpander yang bisa dirasakan.

MPV bergaya SUV

MPV biasanya fokus pada kenyamanan penumpang, sedang SUV lebih condong pada kenyamanan pengendaraan di berbagai kondisi jalan, termasuk off-road.

Dengan begitu, tak heran banyak yang menyebutkan bahwa Xpander merupakan SUV yang tertanam pada mobil MPV.

MPV bergaya SUV menawarkan tampilan maskulin dengan grille depan, bodi, hingga bagian belakang penuh dengan sudut tegas. 

Selain tampilannya, ada satu aspek yang membuat Xpander lebih pantas disebut sebagai SUV dibandingkan MPV adalah ground clearance, atau jarak terendah dari tanah.

Ground clearance Xpander berada di 205 mm, membuatnya lebih mudah menghadapi jalanan dengan kondisi kasar. Lihat saja ground clearance Avanza yang tercatat 200 mm, maupun Ertiga yang hanya 180 mm.

Mesin bertenaga tapi irit BBM

Xpander menggunakan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.5 liter dan menawarkan teknologi MIVEC dan DOHC. Keluaran tenaganya tercatat 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Kelebihan Xpander terdapat pada performa yang dihasilkan: akselerasi yang baik didukung dengan respons mesin dan transmisi yang mampu melahap tanjakan dengan mudah.

Stabil dibawa berkendara dan tetap menyenangkan ketika harus berkendara di tengah kemacetan dalam pengendaraan stop-and-go. Walaupun bodinya tergolong besar, dengan radius putar mencapai 5,2 meter.

Kabin lega dan praktis

Suzuki Ertiga bisa dibilang memiliki ruang kabin yang lega untuk 7 orang di dalamnya di segmen Low MPV tetapi Xpander tak mau kalah dengan ruang kabin yang tak kalah lega dibandingkan Ertiga.

Ruang kaki di bangku baris kedua dan ketiga masih cukup lapang pada saat harus menampung penumpang dewasa.

Salah satu kepraktisan yang meningkatkan daya jual Xpander yaitu baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata lantai yang berguna untuk mempermudah akses keluar masuk barang bawaan.

Selain itu, Xpander juga dilengkapi dengan kompartemen penyimpanan yang sudah dibagi menjadi tiga bagian di bagian bawah lantai bagasi.

Kekurangan Mitsubishi Xpander bekas

Sayangnya Xpander masih memendam beberapa kekurangan yang menjadikannya tak begitu dominan dibandingkan pesaingnya.

Berikut beberapa kekurangan Xpander yang perlu diperhatikan.

1. Harga yang tinggi

Dibandingkan dengan pesaing lainnya, MMKSI memang menawarkan Xpander dengan harga yang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 199 jutaan di awal kemunculannya.

Pada 2020 lalu, edisi terendah Xpander, yaitu Xpander GLX M/T dijual dengan harga mulai dari Rp 215 jutaan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, harga bekasnya berada di kisaran Rp 170 jutaan.

Menilik Toyota Avanza maupun Suzuki Ertiga, kedua mobil tersebut dibanderol lebih terjangkau.

Misalnya saja Avanza 2018 saat ini sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 120 juta hingga Rp 160 jutaan. Sedangkan Suzuki Ertiga 2018 lebih tinggi, yaitu Rp 130 jutaan hingga Rp 180 jutaan tergantung kondisi kendaraan.

2. Masih menggunakan transmisi otomatis konvensional

Mitsubishi memang baru saja menggunakan transmisi CVT yang disebut mampu menghadirkan rasa berkendara yang lebih enak melalui perpindahan transmisi yang lebih mulus.

Sayangnya model edisi sebelumnya masih menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan konvensional.

Memang transmisi konvensional tersebut sudah cukup baik untuk mengakomodasi pengendaraan di perkotaan dan efisiensi bahan bakar.

Namun, jika dibandingkan dengan model terbaru yang sudah dibekali CVT, efisiensinya tak lebih baik. Mengingat CVT mampu memaksimalkan efisiensi berkendara dan perpindahan gigi, sehingga konsumsi BBM Xpander bisa lebih baik.

Namun, dengan semua kekurangannya, Mitsubishi Xpander masih menjadi pilihan di segmen Low MPV berkat kenyamanan setara MPV premium yang ditawarkan.

Begitu pula dengan desainnya yang maskulin dan bold. Dengan harga Xpander 2021 yang cukup tinggi, Xpander bekas pun bisa menjadi pilihan. Mengingat harganya yang jauh lebih terjangkau dan umurnya yang masih muda. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler