Mitsubishi Xpander 2021 Diklaim Pakai ECU Baru, Makin Joss!

Rabu, 17 November 2021 – 13:55 WIB
Mitsubishi Xpander 2021. Foto: Ridho/jpnn

jpnn.com, TANGERANG - Kehadiran generasi terbaru Mitsubishi Xpander diklaim telah melalui berbagai peningkatan termasuk dalam hal performa berkendara.

Deputy General Manager of Product Strategy Division PT MMKSI Guntur Harling mengatakan Xpander 2021 sudah melewati peningkatan baik dari segi kenyamanan maupun performa mesinnya.

BACA JUGA: Jajal Mitsubishi Xpander Ultimate 2021, Tetap Nyaman Digeber di Jalan Rusak 

Guntur juga memastikan bahwa kendala yang pernah terjadi pada generasi pertama Xpander terkait putaran mesin meninggi meski pedal gas tidak diinjak, juga sudah teratasi.

Mesin berkode 4A91 dengan teknologi Mivec yang dipasangkan di Xpander terbaru diklaim menawarkan prforma yang lebih baik.

BACA JUGA: MMKSI Sediakan Obat Ganteng Mitsubishi Xpander 2021 dan Cross, Berapa Harganya?

"Permasalahan idle up yang sempat dikeluhkan banyak konsumen itu sudah dilakukan penanganan," katanya saat Media Interview Virtual, di Tangerang, Rabu.

Pada kasus lama tersebut, lanjut Guntur, Mitsubishi sudah melakukan penangan dengan reprogramming pada perangkat electronic control unit (ECU).

BACA JUGA: Suzuki Menghadirkan Ertiga Sport FF Hanya 125 Unit, Eksklusif

"Pada model terbaru, kami menggunakan ECU program terbaru untuk mengatasi masalah di Xpander lama,” imbuh Guntur.

Senada itu, Department Head Technical Service Sales and Marketing Division MMKSI Budiarto menambahkan bahwa control unit (ECU) yang disematkan di mesin Xpander terbaru sudah melalui proses tuning ulang.

Improvement ECU tersebut, kata Budiarto, sudah banyak berubah. Meski demikian idle up tidak sepenuhnya hilang, masih ada sedikit, tetapi tidak setinggi sebelumnya.

“Idle up secara teknis sangat dibutuhkan pada setting normal agar mesin tidak mati. Secara fungsi setting-an tersebut untuk mengimbangi beban mendadak dari load transmisi maupun elektrik,” jelas Budiarto.

Artinya, kondisi idle up difungsikan untuk mengimbangi ketika terjadi load tambahan agar tidak drop ataupun mesin mati.

Terkait masalah idle up tersebut, Rifat Sungkar sebagai duta Mitsubishi juga angkat bicara.

Menurut Rifat, keluhan idle up sejumlah konsumen hanya permasalah kalibrasi saja. Jadi, secara keseluruhan mesin Mitsubishi Xpander tidak ada masalah.

Suhu udara yang cenderung panas di Indonesia, lanjut dia, menyebabkan konsumen sering menggunakan AC dan mobil disesuaikan produsen untuk memenuhi kebutuhan tersebut, menjaga kabin agar tetap dingin, sehingga putaran mesin tetap tinggi saat mobil diam.

“Jadi, ini lebih soal kalibrasi saja, karena mobil ini didesain untuk kenyamanan konsumen,” beber Rifat.

Mitsubishi Xpander 2021 baru saja dirilis di tanah air. Tersedia dalam tujuh pilihan mulai dari Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, dan Xpander GLS MT. Banderol harganya mulai dari Rp 228.030.000 sampai Rp 272.580.000. (rdo/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... AHM Berharap Honda CB150X Gairahkan Segmen Motor Sport Adventure


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler