Hari Ini Gatot Dilantik di Jakarta

Kamis, 28 Februari 2013 – 08:02 WIB
JAKARTA - Gatot Pujo Nugroho dijadwalkan akan dilantik sebagai gubernur Sumatera Utara definitif di gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, pada hari ini (28/2).

Mendagri Gamawan Fauzi menyatakan kesiapannya untuk melantik Gatot, yang dijadwalkan akan dilakukan sekitar pukul 14.00 Wib. Hingga kemarin siang, pihak kemendagri tinggal menunggu pemberitahuan resmi dari Bamus DPRD Sumut melalui layanan fax.

"Rencananya besok (pelantikan Gatot, red). Kita tinggal menunggu fax," terang Gamawan Fauzi di kantornya, kemarin (27/2).

Meski acara ini tergolong mendadak, Gamawan mengaku tidak masalah dan persiapan untuk acara pelantikan bisa dikebut. "Kalau nanti fax datang dari Medan, ya kita siapkan malam ini," ujar mantan gubernur Sumbar itu.

Seperti diketahui, acara pelantikan Gatot yang saat ini Plt gubernur Sumut, harus dilakukan di depan sidang paripurna khusus DPRD Sumut. Untuk acara pelantikan, kehadiran anggota dewan tidak harus memenuhi quorum.

Selain para pimpinan dan anggota DPRD, acara pelantikan biasanya juga mengundang jajaran Muspida untuk hadir. Antara lain Pangdam, Kapolda, Kajati, dan para bupati/walikota, termasuk biasanya tokoh masyarakat.

Mengenai dipilihnya Jakarta sebagai lokasi pelantikan, sebelumnya Gamawan sudah menjelaskan alasannya. Mantan bupati Solok dua periode itu mengatakan, jika pelantikan digelar di Medan, bisa muncul anggapan dirinya tidak netral atau berpihak ke Gatot, karena saat ini masih dalam masa kampanye pilgub Sumut.

"Nanti dikira mendagri tidak adil, tidak netral, mempengaruhi karena ini masih masa kampanye. Kalau saya sarankan, berdasarkan masukan banyak pihak, ya sebaiknya dilantik di Jakarta. Kita siap," ujar Gamawan Fauzi kepada koran ini di kantornya, 25 Februari 2013. (sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Apersi Siap Bangun Perumahan PNS di Tanah Bumbu

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler