Hari Ini, Gerhana Matahari Pertama 2012

Senin, 21 Mei 2012 – 15:45 WIB

GERHANA matahari pertama kali di tahun 2012 terjadi hari ini (21/5). Namun tidak semua belahan bumi bakal mengalaminya.

Beberapa wilayah yang bisa menikmati fenomena alam ini antara lain wilayah Cina hingga berakhir di Amerika Serikat.

Seperti dilansir NASA, gerhana matahari kali ini bukan gerhana matahari penuh (full solar eclipse). Namun gerhana matahari cincin, dimana salah satu cirinya adalah adanya cincin terang yang tampak di sekeliling daerah gelap matahari.

Gerhana jenis ini terjadi pada saat bulan berada di titik terjauh dari bumi sehingga tidak menutupi matahari secara utuh saat keduanya berada dalam satu garis lurus.

Di wilayah-wilayah yang bisa menyaksikan peristiwa tersebut, fenomena alam menakjubkan ini bisa dinikmati selama empat setengah menit.

Untuk wilayah Indonesia diperkirakan bisa melihat fenomena ini antara lain Manado, Ambon, Manokwari dan beberapa wilayah timur Indonesia.

Gerhana dimulai sejak matahari terbit dan berakhir pukul 06.38 WITA.Kejadian ini dimanfaatkan oleh ratusan orang untuk berkunjung ke Monumen Nasional Petroglyph di Albuquerque, New Mexico, yang dianggap sebagai salah satu titik pandang terbaik.

Sementara perusahaan elektronik raksasa Jepang Panasonic bahkan mengirim ekspedisi ke puncak Gunung Fuji untuk mengabadikan momen ini dengan menggunakan peralatan yang menggunakan tenaga matahari. (Esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 20 Orang Tewas Akibat Ledakan di Proyek Terowongan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler