Hari Ini Obama ke Borobudur, 650 Personel Dikerahkan

Rabu, 28 Juni 2017 – 06:21 WIB
Barack Obama dan rombongan di depan Billy's Terrace di Desa Jatiluwih, Tabanan, Minggu (25/6). Foto: istimewa for Radar Bali

jpnn.com, MAGELANG - Mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengunjungi Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Rabu (28/6) hari ini .

Sekitar 650 personel keamanan yang terdiri dari kepolisian dan TNI siap melakukan pengamanan.

BACA JUGA: Obama ke Pura Tirta Empul Bikin Heboh, SBY Sering, Jokowi Belum Pernah

Meski demikian, personel Keamanan hanya memberlakukan keamanan layaknya tamu VVIP.

Hal Ini dibenarkan Dandim 0705/Magelang selaku kasubsatgas pam borobudur, Letkol Inf Hendra Purwinasari, S. did saat dihubungi Jawa Pos, Selasa (27/6).

BACA JUGA: Ketika Dua Putri Obama Pakai Sarung Kuning di Pura Tirta Empul Bali

Hendra menjelaskan, pengamanan presiden Amerika Serikat ke-44 tersebut seperti layaknya tamu VVIP lainnya.

"Karena ini adalah kunjungan liburan bukan kenegaraan jadi pengamanan VVIP dan nantinya saat beliau naik ke Candi Borobudur menggunakan jalur VVIP sehingga tidak terganggu dengan kunjungan wisatawan lainnya. Meski demikian, pengamanan berlapis tetap kami terapkan sesuai SOP, pemberlakuan ring 1 hingga ring 3 tetap ada," beber Hendra.

BACA JUGA: Byur…. Dayungan Obama Membuat Sungai Ayung Makin Mendunia

Hendra mengaku belum bisa menyampaikan secara pasti kapan kunjungan Obama ke Borobudur dan dimana saja.

Namun demikian, menurut Hendra, pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan sesuai standar pengamanan mantan kepala negara .

"Adapun titik-titik yang kita amankan baik dari rute, lokasi, maupun parkir. Pengamanan mulai dari ring 1 sampai ring 3. Kami sudah berkoordinasi dengan tim pengamanan Secret Service mereka. Kita belum tahu jam berapa kunjungannya karena ini adalah kunjungan wisata jadi tentatif waktunya. Pengamanan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga privasi beliau selama kunjungan,Tapi kami pastikan, kami siap," tegas Hendra.

Sementara, General Manager PT Taman Wisata Candi Borobudu, Prambanan dan Ratu Boko, Chrisnamurti Adiningrum, SH, saat dihubungi belum bisa tersambung. (cr3)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pak Kades: Dari Teras Rumah Terlihat Aktivitas Bapak Obama


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler