Hari Ini Pendaftaran Terakhir SNMPTN

Kamis, 31 Mei 2012 – 08:08 WIB

BANDUNG- Para siswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri diminta untuk segera mendaftarkan diri, pasalanya pendaftaran SNMPTN akan berakhir hari ini, Kamis (31/5).

Hal tersebut diungkapkan Sub Bidang Informasi dan Humas panitia lokal SNMPTN Weny Widyowat, dalam rilisnya, kemarin. Selain itu, Weny menegaskan agar peserta SNMPTN menghindari kesalahan foto pada kartu tanda bukti pendaftaran SNMPTN 2012.

"Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Ujian Tertulis/Keterampilan akan ditutup pada hari Kamis, tanggal 31 Mei 2012. Namun, Panitia Lokal Bandung masih menemukan banyak foto pada Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN 2012 Jalur Ujian. Tertulis/Keterampilan tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Panitia SNMPTN 2012," paparnya.

Kesalahan tersebut di antaranya ukuran foto terlalu kecil, foto tidak resmi (foto yang digunakan pada jejaring sosial, menggunakan baju tidak berkerah), dan letak foto tidak proporsional. Foto yang diunggah harus sesuai dengan ketentuan Panitia SNMPTN 2012, yaitu foto yang biasa digunakan untuk keperluan ijazah, raport, atau dokumen resmi lainnya dan harus berwarna.

Ia menyebutkan, ketentuan yang berlaku untuk mengunggah pasfoto adalah sebagai berikut: pasfoto ukuran 4 x 6 dengan resolusi minimal 400x600 pixel (sekira 250 dpi); dalam format JPEG atau PNG; ukuran file pasfoto tidak boleh lebih dari 100kb; kualitas gambar harus cukup tajam dan fokus; posisi badan dan kepala tegak sejajar menghadap kamera; proporsi wajah antara 20-50persen dari foto; tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutup ornamen apapun; kepala terletak di tengah secara horisontal (jarak kepala ke batas kiri kurang lebih sama dengan jarak kepala ke batas kanan).

Selain itu, bagi calon peserta yang telah memilih Panlok Bandung pada pendaftaran online dan merasa foto yang diunggah tidak sesuai ketentuan, Panitia Lokal Bandung memberikan pelayanan perbaikan foto. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan segera menghubungi Panitia Lokal Bandung.

"Adapun untuk pencetakan Kartu Tanda Bukti Pendaftaran SNMPTN 2012 tidak ada ketentuan jenis dan ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak Kartu Tanda Bukti Pendaftaran, yang terpenting foto dan cetakan tulisan dapat terlihat dengan jelas," katanya. (tie)
BACA ARTIKEL LAINNYA... JK: Universitas Harus Menciptakan Alumni Berkarakter


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler