Harlah ke-17 BWI, Kemenag Launching Gerakan Indonesia Berwakaf

Minggu, 01 September 2024 – 11:27 WIB
Peluncuran Gerakan Indonesia Berwakaf. Foto: dok Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki didampingi Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI), Kamaruddin Amin meluncurkan Gerakan Indonesia Berwakaf bersamaan dengan Malam Puncak Harlah ke-17 BWI di Jakarta pada Jumat (30/8).

Dalam kesempatan itu, Wamenag mengungkapkan pentingnya upaya modernisasi tata kelola wakaf Indonesia.

BACA JUGA: Upaya Kemenag Perkuat Literasi, Partisipasi, dan Sinergi Melalui Zakat dan Wakaf

Oleh karena itu, Wamenag mendorong BWI untuk menyiapkan satu perangkat atau sistem yang mampu mengintegrasikan data wakaf nasional, sekaligus bisa meningkatkan literasi wakaf masyarakat.

“Hal tersebut tidak hanya memastikan tata kelola wakaf menjadi optimal, tetapi juga menjamin perlindungan aset wakaf dari potensi penyalahgunaan yang tidak sesuai syariat Islam,” ujar Wamenag.

BACA JUGA: Sinar Primera Group Wakafkan Al-Quran sebagai Dukungan pada Pendidkan Agama

Terkait itu, Ketua BWI Kamaruddin Amin mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pencatatan terhadap seluruh lembaga dan nazir wakaf di Indonesia.

Dikatakannya, upaya dilakukan melalui cabang-cabang BWI yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

BACA JUGA: Prof. Nuh Sebut Wakaf Mengentaskan Kemiskinan, Menag Yaqut Bilang Begini

Dia juga menjelaskan, BWI telah meluncurkan aplikasi Satu Wakaf yang dapat diakses melalui telepon seluler.

“Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam berwakaf, sehingga kegiatan berwakaf menjadi lebih terintegrasi dan transparan,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Bimas Islam Kemenag itu.

Selain itu, lanjutnya, untuk mendongkrak capaian potensi wakaf uang nasional, Kemenag akan gencar menyosialisasikan Gerakan Indonesia Berwakaf ke Ormas, masjid, hingga calon pengantin (Catin).

“Sejumlah langkah dilakukan termasuk sosialisasi kepada berbagai kementerian/lembaga, organisasi kemasyarakatan, masjid, calon pengantin, jemaah haji dan umrah, serta seluruh elemen masyarakat,” ujarnya.

Kamaruddin menjelaskan potensi wakaf uang nasional sendiri diperkirakan mencapai Rp180 triliun setiap tahun.

Namun, realisasi wakaf uang yang terkumpul secara nasional baru mencapai Rp2,5 triliun.

“Saat ini, realisasi wakaf uang yang terkumpul secara nasional baru mencapai Rp2,5 triliun. Kita optimis, ini akan terus berkembang,” ungkapnya.

Dia pun mengajak seluruh elemen bangsa dapat berpartisipasi dalam Gerakan Indonesia Berwakaf.

Dia menyebut, wakaf bagi bangsa Indonesia, tidak hanya bermanfaat untuk ibadah, tetapi juga untuk meningkatkan sosio-ekonomi masyarakat. Hal tersebut, imbuhnya, dapat membantu mengurangi ketimpangan sosial yang terjadi.

“Kami memberi literasi kepada masyarakat bahwa berwakaf tidak harus berupa aset atau tanah, tetapi bisa juga dalam bentuk wakaf uang, yang bisa dimulai dari Rp20.000 saja,” ucapnya.

Kamaruddin mengatakan jika seratus juta orang kelas menengah di Indonesia berwakaf setidaknya Rp20.000 per tahun, potensinya akan mencapai angka yang fantastis.


“Coba bayangkan, jika seratus juta orang kelas menengah di Indonesia berwakaf setidaknya Rp20.000 saja per tahun, potensinya sangat besar sekali,” tandasnya.

Kamaruddin berharap berbagai upaya yang dilakukan dapat membuahkan hasil, sehingga dana wakaf dapat memberi manfaat yang lebih besar bagi bangsa. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler