Harus Lebih Serius

Sabtu, 02 Juni 2012 – 13:08 WIB

LONDON - Roy Hodgson telah melewati tantangan pertamanya sebagai pelatih Inggris. Itu setelah Hodgson mempersembahkan kemenangan 1-0 atas Norwegia dalam debutnya di Oslo akhir pekan lalu (26/5). Tapi, tantangan lebih berat menanti pelatih berjuluk Uncle Roy tersebut.

Yakni ketika Three Lions - sebutan Inggris - berhadapan dengan Belgia malam nanti (siaran langsung MNCTV pukul 23.15 WIB). Laga di Stadion Wembley tersebut merupakan uji coba terakhir Inggris sebelum menantang Prancis dalam pertandingan pertama Euro 2012 di Donbass Arena (11/6).

Alhasil, Hodgson tidak bisa coba-coba pemain lagi. Sekalipun baru saja kehilangan Frank Lampard dan Gareth Barry yang mundur dari skuad Euro karena cedera, Steven Gerrard cs harus tampil serius. Apalagi Inggris bertanding di depan publik sendiri.

"Kami tidak bisa menoleh ke belakang. Lawan Belgia adalah pertandingan besar dan pertandingan terakhir sebelum Euro. Kami harus memberikan penampilan seratus persen," kata Gerrard seperti dilansir Sky Sports.

"Kami, tentu saja menginginkan kemenangan dan berangkat menuju turnamen dengan kepercayaan diri dan motivasi tinggi," sambung gelandang Liverpool tersebut.

Seiring cedera Lampard dan Barry yang tergolong pemain senior, Gerrard bakal dituntut bekerja lebih keras sebagai penyeimbang lini tengah. Tapi, pemain pemilik 91 caps dan 19 gol tersebut tidak sepakat dengan opini tersebut. Gerrard sekaligus mengomentari penunjukan rekan seklubnya, Jordan Henderson, sebagai pengganti Lampard.

"Saya pikir tanggung jawab ada pada semua pemain dalam skuad. Jordan adalah seorang pemain yang menyenangkan dan memiliki masa depan bagus," jelasnya.

Dalam sesi latihan kemarin, semua pemain termasuk Henderson ikut serta. Gelandang bertahan Scott Parker yang dikabarkan bermasalah dengan tulang kering juga berlatih normal. "Dia (Parker) siap turun (lawan Belgia) dan setelah berlatih keras selama dua pekan terakhir, saya yakin semua pemain akan berada dalam kondisi terbaik saat memulai pertandingan pertama Euro," kata Hodgson seperti dilansir Daily Telegraph.

Hodgson juga menyebut laga melawan Belgia sebagai kesempatan terakhir dirinya untuk memastikan beberapa posisi penting dalam skema main 4-2-3-1. "Untuk kiper, empat pemain belakang, dan dua gelandang di depannya sudah harus fix. Sedangkan untuk empat posisi lainnya saya ingin memiliki beberapa opsi sembari menunggu perkembangan dari hari ke hari," jelas mantan pelatih Inter Milan dan West Bromwich Albion tersebut.

Di sisi lain, Belgia berpotensi menyulitkan Inggris karena enam pemain mereka merumput di Premier League. Di antaranya kapten tim Vincent Kompany asal Manchester City, defender Arsenal Thomas Vermaelen, serta gelandang Everton Marouane Fellaini. Tapi, pemain yang paling dinantikan penampilannya adalah Eden Hazard yang musim depan akan membela Chelsea.

Satu-satunya handicap Belgia adalah posisi pelatih. Sejak lengsernya Georges Leekens (13/5), Red Devils -julukan Belgia - menunjuk mantan bintang mereka, Marc Wilmots, sebagai karteker. Wilmots sebelumnya menjabat asisten Leekens. (dns/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Aniaya Bekas Pacar, Mayweather Dipenjara 90 Hari


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler