Hasil 3 Survei Terbaru: Fokus Elektabilitas Anies Saja, Prabowo Sudah Jelas

Selasa, 11 Juli 2023 – 09:40 WIB
Bakal Capres 2024 Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Anda yang penasaran dengan elektabilitas Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024, berikut ini hasil 3 survei terbaru.

Tiga survei terbaru menempatkan elektabilitas Prabowo Subianto di posisi teratas sebagai kandidat capres di Pilpres 2024.

BACA JUGA: Pengamat Soroti Penyebab Pendukung Jokowi Kompak Dukung Prabowo di Pilpres 2024

Survei NPC: Prabowo Melanjutkan Program Jokowi

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan National Press Club (NPC) pada 22 Juni - 2 Juli 2023, Prabowo merupakan bakal capres dengan popularitas tertinggi.

Dari jumlah responden sebanyak 2.100 orang, Prabowo Subianto menjadi kandidat capres paling populer dengan meraih 92,8 persen.

BACA JUGA: Prabowo Sebut Presiden Jokowi Sangat Puas dan Gembira

Dari tingkat akseptabilitas, Ketum Partai Gerindra itu juga mendapatkan total suara sebesar 82,8 persen.

Ganjar Pranowo mendapatkan popularitas sebesar 67,6 persen dan akseptabilitas 47,7 persen.

BACA JUGA: Buruh Dukung Anies Maju Pilpres Karena Hal Sensitif ini

Bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan mengantongi tingkat popularitas 66,2 persen dan akseptabilitas sebesar 41,4 persen.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei NPC Winarko mengatakan Prabowo Subianto merupakan sosok yang tepat untuk melanjutkan program pemerintahan Presiden Jokowi.

“Nama Prabowo Subianto dianggap dapat melanjutkan program Jokowi ke depan,” kata Winarko dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Survei LSI Denny JA: Elektabilitas Prabowo Menanjak

Hasil survei LSI Denny JA periode 30 Mei–12 Juni 2023 menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto menanjak dibandingkan survei periode sebelumnya.

Direktur Citra Publik Indonesia (CPI) LSI Denny JA Hanggoro Doso Pamungkas, saat memaparkan hasil survei tersebut di Jakarta, Senin, mengatakan jika dibandingkan dengan dua data survei pada Januari dan Mei 2023, elektabilitas Prabowo terus menanjak dari 25,4 persen di bulan Januari dan 33,9 persen di bulan Mei, menjadi 34,3 persen pada periode terbaru ini.

Survei terbaru LSI Denny JA ini, elektabilitas Ganjar Pranowo sebesar 32,7 persen.

Adapun elektabilitas Anies Baswedan sebesar 22,1 persen.

"Dengan demikian, elektabilitas Prabowo terpaut 1,6 persen dengan Ganjar dan terpaut 12,2 persen dengan Anies," ujarnya.

Survei tersebut melibatkan 1.200 responden di seluruh Indonesia. Survei yang dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner memiliki margin of error sebesar 2,9 persen.

Selain menerapkan metode kuantitatif, LSI Denny JA juga memperkaya informasi dan analisis hasil survei itu dengan menerapkan metode kualitatif, seperti analisis media, wawancara mendalam, penilaian ahli, dan diskusi kelompok terpumpun.

Survei IPN: Elektabilitas Anies Urutan 3

Lembaga riset Indikator Publik Nasional (IPN) merilis hasil survei terbaru di mana elektabilitas Prabowo Subianto masih unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam simulasi tiga besar, Prabowo di posisi pertama dengan perolehan dukungan 42,3 persen, Ganjar Pranowo 37,4 persen, dan elektabilitas Anies Baswedan 17,96 persen.

“Sementara ada 3,3 persen yang mengaku belum punya pilihan sama sekali," kata peneliti senior IPN Ike Sihotang dalam pemaparan daring di Jakarta, Senin.

Survei IPN tersebut dilakukan dalam rentang waktu 17-27 Juni 2023 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi yang sudah memiliki hak suara atau minimal berusia 17 tahun.

Metodologi yang digunakan adalah multistage random sampling dengan margin of error sebesar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (sam/antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler