Hasil Akhir Timnas Indonesia vs Thailand 2-2, Akhirnya Garuda Dapat Poin

Jumat, 04 Juni 2021 – 02:04 WIB
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Thailand. Foto: TIm PSSI

jpnn.com, DUBAI - Timnas Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Thailand dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Kamis (3/6) malam.

Kedua tim pun harus puas berbagi poin sama-sama satu.

BACA JUGA: Evan Dimas Merobek Gawang Thailand, Skor 2-2, Masih Ada Waktu...

Pada babak pertama, Thailand langsung melakukan penyerangan dan menekan pertahanan Timnas Indonesia.

Permainan itu membuat Timnas Indonesia kalang kabut dan sempat membuat beberapa kesalahan.

BACA JUGA: Baru 5 Menit, Narubadin Bikin Gol Cepat, Indonesia Tertinggal 0-1 dari Thailand

Salah satu kesalahan itu ialah saat kiper Nadeo Agrawinata yang mendapatkan bola back pass, berusaha mengamankan bola dengan melepaskan sepakan ke depan. Namun, bola ternyata jatuh ke kaki pemain Thailand.

Sepakan kencang kemudian melepaskan sepakan jarak jauh pada menit keempat. Beruntung, sepakan yang mengarah ke gawang itu masih bisa ditepis kiper Indonesia tersebut.

BACA JUGA: Daftar 4 Pemain Timnas Indonesia yang Dicoret Shin Tae Yong karena Indisipliner

Bola tepisan Nadeo itu menjadi keuntungan Thailand karena menjadi sepak pojok. Kesempatan itu ternyata berhasil dimanfaatkan oleh pemain Thailand. Bola hasil tendangan penjuru itu sempat mengenai pemain Indonesia dan mengalir liar.

Pemain Thailand Narubadin Weerawarnodom yang berdiri tak terkawal kemudian merebut bola itu. Setelah sempat mengontrol bola, dengan cepat dia melepaskan sepakan keras di dalam kotak penalti, gol. Thailand unggul terlebih dulu saat laga masuk menit kelima.

Indonesia yang berusaha membalas, masih kesulitan menemebus pertahanan Thailand.

Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong kemudian tampak berdiri, dia memberikan instruksi dan meminta pemain Indonesia lebih agresif menekan lawan.

Sebuah peluang sempat dihasilkan menit ke-13, saat aksi dari Asnawi Mangkualam yang melakukan penetrasi berhasil masuk ke kotak penalti, sayang, dia melepaskan tendangan keras namun masih menyamping di sisi kiri gawang.

Upaya Indonesia kemudian membuahkan hasil saat laga masuk menit ke-39. Berawal dari kontrol Syahrian Abimanyu, dia melihat ada pergerakan permain dari lini tengah ke dalam kotak penalti.

Abimanyu kemudian melepaskan umpan terobosan yang berhasil dikontrol oleh I Kadek Agung. Setelah melakukan kontrol dan berhadapan one on one dengan kiper Thailand, Kadek melepaskan sepakan keras yang menembus gawang Siwarak Tedsungnoen. Gol, Indonesia menyamakan skor 1-1 pada menit ke-39.

Tak puas, Indonesia terlihat lebih unggul dalam melakukan serangan di penghujung babak pertama ini. Sebuah aksi dari Egy Maulana Vikri, nyaris membuahkan peluang. Tetapi, bola liar dari kemelut di dalam kotak penalti, bisa disapu bek Thaland. Skor ini tak berubah sampai masa jeda antarbabak.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia kembali mengulang kesalahan di babak pertama. Evan Dimas dkk tertinggal 1-2 setelah kecolongan gol oleh lawan di menit-menit awal. Kalau di babak pertama Skuad Garuda kebobolan pada menit kelima. Maka, di babak kedua, Indonesia kebobolan saat laga baru berjalan enam menit atau menit ke-51.

Berawal dari umpan panjang pemain Thailand yang diarahkan ke tiang jauh, bola bisa disundul pemain lawan dan mengarah ke Adisak Kraisorn yang langsung menyundul bola menjadi gol.

Tertinggal satu gol, Indonesia mencoba kembali menekan. Sayang, dua kali tekanan yang diberikan belum membuahkan hasil.

Sampai akhirnya, pada menit ke-60, Evan Dimas berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Berawal dari sepakan Egy Maulana Vikri yang mengenai kaki pemain Thailand, bola mengarah ke Evan yang maju ke depan gawang. Tanpa banyak gocek, Evan langsung melepaskan sepakan ke tiang jauh dan tak bisa diantisipasi kiper Thailand.

Setelah skor imbang, tempo permainan menjadi makin cepat dan keras. Beberapa kali benturan terjadi, sampai akhirnya pemain Indonesia Egy dan Witan Sulaeman menjadi korban tempo permainan yang cepat dan keras itu. Keduanya sampai harus ditarik ke luar lapangan.

Sampai laga usai, skor 2-2 bertahan.

Ini merupakan poin pertama bagi Skuad Garuda karena pada lima laga sebelumnya, Indonesia selalu kalah.

Namun, di bawah polesan Shin Tae Yong, Indonesia berhasil menunjukkan permainan yang spartan dan akhirnya meraih poin pertamanya di ajang kualifikasi ini. (dkk/jpnn)

Klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia:

livescore


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler