Hasil Survei: Prabowo Unggul, Anies Urutan Tiga, Ganjar?

Senin, 03 Oktober 2022 – 16:09 WIB
Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim memaparkan hasil survei nasional bertajuk 'Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Jelang Pendaftaran Calon Presiden' di Jakarta, Senin (3/10/2022). Foto: SSI

jpnn.com - JAKARTA - Skala Survei Indonesia merilis hasil survei terbaru bertajuk 'Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Jelang Pendaftaran Calon Presiden' di Jakarta, Senin (3/10).

Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto berada di urutan pertama, mengalahkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di urutan dua dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di urutan tiga.

BACA JUGA: Percepat Pembangunan Infrastruktur, Ganjar Pamer Bangun 9 Fly Over dan Underpass di Jateng

"Dalam pertanyaan terbuka Prabowo unggul dengan mengantongi 15 persen suara responden, disusul Ganjar Pranowo (11,7 Persen), Anies (10,7 persen) dan Joko Widodo (10 persen)," ujar Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim dalam pemaparannya.

Menurutnya, elektabilitas Prabowo juga unggul dibanding tokoh lain, saat terhadap para responden diajukan pertanyaan tertutup siapa yang akan dipilih dari 24 nama yang disodorkan, jika pemilihan presiden digelar saat ini.

BACA JUGA: Rangkul Milenial Belitung, Sahabat Ganjar Gelar Turnamen PUBG Mobile

Elektabilitas Prabowo mencapai 20,4 persen, disusul Ganjar Pranowo 13,5 persen.

Kemudian, Anies Baswedan 11,8 persen, sementara yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab dan mengatakan rahasia mencapai 36,9 persen.

BACA JUGA: Ganjar Muda Padjajaran Gelar Festival Pariwisata Pulih, Indonesia Bangkit

"Dalam pertanyaan tertutup dengan menyodorkan sepuluh nama, Prabowo tetap unggul (30,3 persen). Disusul Ganjar (22,3 persen) dan Anies Baswedan (20,8 persen).

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berada di urutan keempat dengan elektabilitas 6 persen, disusul Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (3,5 persen).

Elektabilitas Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono berada di urutan enam (3,3 persen).

Diikuti Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani (2,4 persen), Menteri BUMN Erick Thohir (2,3 persen) dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar (1,5 persen).

Survei dilaksanakan pada 23-29 September, dengan wilayah survei dilakukan di 34 provinsi.

Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden 1.200 orang.

Margin of error mencapai 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Survei: Erick Thohir Dongkrak Elektabilitas Ganjar Pranowo


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler