Hasil Survei Terbaru Pilkada Bogor 2024, Siapa yang Unggul?

Senin, 05 Agustus 2024 – 10:09 WIB
Ilustrasi Pilkada 2024. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Setelah LSI Deni JA dan Poltracking, kini lembaga survei Indikator Politik membebeberkan hasil surveinya terkait Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bogor 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanudin Muhtadi mengatakan, survei dilakukan pada 9 hingga 14 Juli 2024.

BACA JUGA: Hasil Survei: Paulus Waterpauw Unggul dari Kandidat Gubernur Papua Lain

Hasilnya, Calon Bupati (cabup) Bogor Ade Ruhandi alias Jaro Ade tertinggi elektabilitas dan popularitasnya, yakni 58,0%, disusul Elly Rachmat Yasin sebesar 23,3%.

"Disusul oleh Iwan Setiawan dengan persentase 9,3%, kemudian bakal calon keempat yang juga sama-sama dari partai Gerindra, Rudy Susmanto hanya mendapatkan 4,8%," ungkap Burhanudin, dalam keterangannya, Senin (5/8).

BACA JUGA: Pilgub Banten: Hasil Survei Elektabilitas Airin Ungguli Andra-Dimyati, Telak

Burhanudin menuturkan, simulasi tiga nama calon bupati, hasilnya pun tidak berubah. Jaro Ade mendapatkan 62,0%, Elly Rachmat Yasin 23.2%, dan Iwan Setiawan 9,5%.

"Jika terjadi head to head antara Jaro Ade dengan Rudy Susmanto hasilnya makin jauh yakni, Jaro Ade 79,5%, sedangkan Rudy Susmanto hanya 9,6% saja,” paparnya.

BACA JUGA: Survei Indikator: Pendukung Ahok Lebih Memilih RK ketimbang Anies

Menurut Burhanudin, sampling dilakukan lebih dari 400 titik, dimana quistioner dilakukan ke berbagai elemen masyarakat.

Tidak hanya itu, atribut atau media kampenye baik yang konfensional, seperti baliho, bilboard, dan alat peraga kampanye lainnya juga menjadi bagian dai survei Indikator.

“Sampling dilakukan untuk para bakal calon bupati Bogor dengan cara kampanye melalui media masa maupun media sosial juga kami lakukan," tuturnya.

Meski demikian, lanjut dia, hasil survei tersebut bisa saja berubah, mengingat masih ada waktu menjelang pencoblosan pada November mendatang.

Apalagi, salah satu bakal calon sudah dinyatakan tidak mendapatkan rekomendasi, pergeseran angka kemungkinan akan terbagi-bagi kepada tiga calon

“Jik seluruh tim bergerak, kemungkinan ada perubahan angka persentase bagi seluruh bakal calon Bupati Bogor," jelasnya.


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler