Hasto Bocorkan Sosok Menteri Lucu di Bursa Bakal Cawapres Ganjar Pranowo

Rabu, 07 Juni 2023 – 12:28 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di lokasi Rakernas III PDIP di Sekolah Partai DPP PDIP, Jakarta, Selasa (6/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan nama Basuki Hadimuljono muncul di bursa bakal cawapres yang berpotensi mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Pak Bas -panggilan akrab Basuki- adalah menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

BACA JUGA: Puan Beber Sejumlah Nama Bakal Cawapres Muncul di Radar PDIP, Ada Inisial AHY

Menurut Hasto, tokoh bernama lengkap Mochamad Basoeki Hadimoeljono itu dikenal dari Aceh sampai Papua karena kiprahnya dalam memajukan negeri melalui pembangunan infrastruktur.

“Beliau ada, dari daerah Aceh mengalami kemajuan. Papua mengalami kemajuan. Sumatra, Palembang mengalami kemajuan dalam pembangunan infrastruktur. Kemudian NTT mengalami kemajuan,” ujar Hasto di sela-sela Rakernas III PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6).

BACA JUGA: Info dari Ganjar soal Perkembangan Terkini tentang Bakal Cawapresnya di Pilpres 2024

Basuki dikenal sebagai menteri yang suka melucu. Namun, insinyur lulusan Universitas Gadjah Mada yang merintis karier sebagai amtenar di Kementerian PUPR itu dikenal getol dalam membangun berbagai infrastruktur secara masif.

“Ada yang diusulkan, Pak Basuki, yang dikatakan Pak Jokowi sebagai bapak infrastruktur," kata Hasto.

BACA JUGA: PDIP Gelar Rakernas di Lenteng Agung, Hasto Minta Maaf ke Pengguna Jalan

Namun, Hasto menegaskan soal cawapres untuk Ganjar tidak dibahas di rakernas partai pimpinan Megawati Soekarnoputri tersebut. Politikus asal Yogyakarta itu menjelaskan PDIP akan membentuk tim khusus.

Nantinya Megawati pula yang akan berkomunikasi langsung dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para ketua umum parpol pengusung Ganjar.

“Terkait dengan cawapres itu nanti ada tim khusus, dipimpin oleh langsung ibu ketua umum (Megawati, red),” tutur Hasto.

Ketua Bidang Politik DPP PDIP Puan Maharani sempat mengungkapkan sejumlah nama kandicat cawapres yang masuk radar partainya.

Menurut Puan, beberapa nama yang muncul sebagai bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo di pilpres mendatang ialah Menko Polhukam Moh Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Airlangga Hartarto.

"Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, Pak Airlangga. Nama-nama itu, ya, masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” kata Puan dalam konferensi pers di sela-sela Rakernas III PDIP 2023 di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (6/6).(ast/jpnn.com)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

BACA ARTIKEL LAINNYA... Tangkap Pesan Jokowi soal Pemimpin Berani, Ganjar Suarakan Ekonomi Berdikari


Redaktur : Antoni
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler