Hasto Optimistis Jago PDIP di Pilgub Kaltim Bakal Berjaya

Kamis, 21 Juni 2018 – 20:52 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (memegang mikrofon) saat menghadiri Rapat Konsolidasi Internal Pilkada Serentak Kaltim 2018 di Balikpapan, Kamis (21/6). Foto: DPP PDIP for JPNN

jpnn.com, BALIKPAPAN - PDI Perjuangan menghadapi Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur (Pilgub Kaltim) dengan penuh optimisme. Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto meyakini duet Rusmandi-Safaruddin yang diusung partainya akan mampu meraih suara mayoritas pemilih pada pemungutan suara Pilkada 2018 pada 27 Juni mendatang.

Hasto menyampaikan optimismenya saat menghadiri rapat konsolidasi pemenangan Pilkada 2018 di DPD PDIP Kaltim di Balikpapan, Kamis (21/6). Acara itu dihadiri pasangan Rusmadi-Safaruddin, Sekretaris DPD PDIP Kaltim Ananda Emira Moeis dan para ketia DPC PDIP di provinsi kaya bahan tambang tersebut.

BACA JUGA: Bu Mega, Cak Imin dan Kisah Si Anak Hilang yang Pulang

Hasto dalam pidatonya mengatakan, seluruh kader PDIP di Kaltim harus bergerak untuk menghadapi Pilkada 2018. Merujuk amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, kader-kader partai berlambang kepala banteng itu harus bergotong royong.

“Pesan ibu Ketua Umum, Ibu Megawati, berjuanglah. Menangkanlah para calon tersebut dengan cara gotong royong. Bekerjalah dengan penuh keyakinan politik, tanpa mengenal lelah, dan dengan elan perjuangan yang berkobar-kobar," ‎kata Hasto.

BACA JUGA: Pak Jokowi Tambah Usia, Ini Harapan PDIP dan Bu Mega

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, gotong royong diperlukan untuk menggalang rakyat dan para tokoh masyarakat demi menjaring suara sebanyak-banyaknya. “Rangkul rakyat untuk bergerak satu arah demi kemenangan," ucapnya.

Hasto juga mengatakan, DPP PDIP akan memantau seluruh struktur kepengurusan dalam pemenangan di Pilkada 2018. Hal yang juga ditekankan Hasto adalah pentingnya seluruh struktur PDIP hingga tingkat bawah membangun narasi tentang Pancasila dan Bung Karno.

BACA JUGA: Sinyal Kekompakan Bu Mega & Cak Imin demi Gus Ipul-Mbak Puti

"Ini adalah momentum kita memperjuangkan ideologi Pancasila dan NKRI. Plus memastikan Pak Jokowi sebagai pemimpin nasional di periode berikutnya," katanya.

Hasto menambahkan, calon pemimpin di Kalimantan Timur yang diusung PDI Perjuangan sudah melalui gemblengan dan muncul dari kaderisasi. Melalui kaderisasi, setiap calon pemimpin dari PDIP dibekali ilmu kepemimpinan yang bukan hanya untuk memahami birokrasi, tapi juga bisa memunculkan kepala daerah yang menjunjung tinggi keadaban.

"Ibu Megawati sudah menyampaikan, bahwa yang kita cari adalah pemimpin, bukan penguasa. Pemimpin yang hadir untuk rakyat, yang benar mumpuni, lahir dari proses demokrasi jujur dan berkeadaban," tegas Hasto.

Pada kesempatan sama, Safaruddin yang juga pelaksana tugas (Plt) ketua DPD PDIP Kaltim mengaku siap berikhtiar total demi kemenangannya. Dia memastikan seluruh kader PDIP di Kaltim akan berupaya all-out menganankan proses pilkada, terutama mencegah kecurangan.

"Perintah dari DPP PDI Perjuangan akan kami laksanakan, memenangi pilkada. ‎ Kita kader di sini harus bersatu dan berjaga-jaga," tegas Safaruddin di depan ratusan kader.

Sedangkan Ketua DPC PDIP Samarinda Siswadi mengatakan, semua struktur partai sudah bergerak. Kader yang ditugaskan sebagai saksi pilkada juga sudah memperoleh pembekalan dan siap menjalankan instruksi partai.

"Kami optimistis dengan kekuatan yang ada solid memenangkan pasangan Rusmadi-Safaruddin," kata Siswadi.

Hal sama disampaikan Ketua DPC Kutai Barat Ismail Thomas. Menurut dia, gerakan tim pemenangan dan relawan berjalan dengan baik untuk memenangkan Rusmadi-Safaruddin yang memiliki nomor urut empat di surat suara Pilgub Kaltim.

"Gerakan simultan antara struktur partai dan relawan berjalan baik. Posisi di atas saat ini akan kita tingkatkan," kata Thomas.(jpg/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Panas! PDIP Minta Pak SBY Jangan Lempar Batu Sembunyi Tangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler