Hasto PDIP Bertambah Usia, Tetap Eling Lan Waspada

Rabu, 07 Juli 2021 – 07:07 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto bertambah usia. Pada hari ini (7/7), tokoh asal Yogyakarta itu berulang tahun yang ke-55.

Namun, Hasto tak akan menggelar acara khusus untuk merayakan hari istimewa itu.

BACA JUGA: Hari Ini Usia Hasto PDIP Bertambah, tetapi Tak Ada Tiup Lilin ataupun Tumpeng Ultah

"Saya tidak memiliki tradisi ulang tahun, terlebih saat ini dalam situasi pandemi," ujarnya melalui pesan di WhatsApp Group.

Menurut Hasto, dirinya hanya berkontemplasi dan berdoa sebelum tidur pada Selasa (6/7) malam. "Pagi tadi bangun kembali berdoa mengucap syukur kepada Sang Mahapencipta, kini saya berusia 55 tahun," tuturnya.

BACA JUGA: Antara Mbah Mijan, Bella Shofie dan Primbon Jawa

Hasto juga mengutip falsafah dalam primbon Jawa. Dia menginginkan hidupnya dipenuhi tradisi spiritual.

"Menurut primbon sebagai salah satu bukti peradaban khazanah kosmologi Jawa, sebaiknya hidup itu penuh dengan eling lan waspada (selalu mengingat Tuhan dan berhati-hati, red). Harus mencerahkan bagi sesama," papar Hasto.

BACA JUGA: Kelakar Politik di Perayaan Ultah ke-72 Megawati

Pria berzodiak Gemini itu juga meminta para kolega dan sahabatnya cukup mendoakannya tanpa bertemu langsung. Sebab, saat ini pemerintah sedang menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan kasus penularan Covid-19.

"Bukan saya tak mau disapa langsung, tetapi mengikuti imbauan pemerintah. Cukup tegur sapa dan doa dari jauh saja," ujar suami Maria Stefani Ekowati itu.

Walakin, Mas Hasto -panggilan akrabnya- punya harapan khusus pada hari istimewanya. Dia mengharapkan pandemi cepat berlalu.

"Saya seperti hampir semua orang, punya harapan dan doa yang sama, semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. Hendaklah semua anak bangsa bergotong royong memberikan energi positif demi bisa melewati masa-masa sulit ini," katanya.(tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saat Krisdayanti Ajak Hasto Bernyanyi di Yogyakarta


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler