Hasto Sampaikan Pesan Bu Mega, Imbau Semua Perguruan Tinggi Bergerak

Minggu, 09 Oktober 2022 – 17:45 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (8/10). Foto: dokumentasi DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengimbau agar perguruan tinggi di Indonesia terutama fakultas pertanian, kelautan, dan perikanan bergerak bersama membangun hegemoni di bidang pangan.

Pesan Bu Mega itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/10).

BACA JUGA: Pertemuan Jokowi-Mega Bahas NasDem Dukung Anies? Hasto Bilang Begini

Hasto menyebut Megawati memiliki perhatian khusus agar Indonesia mampu keluar dari tekanan global khususnya di bidang perekonomian, sehingga bisa menggerakkan ekonomi rakyat.

"Pagi tadi Bu Mega berpesan, mengimbau kepada seluruh perguruan tinggi terutama fakultas pertanian, kelautan, dan perikanan bergerak untuk bagaimana Indonesia membangun hegemoni di bidang pangan," ujar Hasto.

BACA JUGA: Jokowi-Mega Bertemu Setelah Puan-Airlangga Jalan Sehat Bersama, Pertanda Apa ya?

Megawati juga meminta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bergerak melakukan penelitian benih-benih unggul sehingga sektor pertanian mencukupi bagi kedaulatan pangan rakyat Indonesia.

Hal tersebut menjadi pokok bahasan saat ketua Dewan Pengarah BRIN itu berdiskusi bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Batu Tulis atau Hing Puri Bima Cakti di Bogor, Jawa Barat.

BACA JUGA: Hasto Sebut Si Biru Sudah Lepas dari Koalisi Pemerintah, Sindir Siapa sih?

"Politik berdaulat di bidang pangan menjadi pembahasan serius Bu Mega dan Bapak Presiden Jokowi, terutama agar perguruan tinggi pertanian, kelautan, dan perikanan mampu membantu meningkatkan produktivitas pangan," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

Kedua pemimpin itu bertemu dan melakukan diskusi mendalam mengenai berbagai persoalan bangsa selama kurang lebih dua jam.

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan dalam diskusi mendalam antara Megawati dan Jokowi itu dibahas soal langkah-langkah penting menghadapi krisis ekonomi dunia, dan pangan.

Saat Bu Mega menjabat Presiden Kelima RI, ujar Hasto, seluruh jajaran Kabinet Gotong Royong benar-benar fokus dan terpimpin, sehingga pada 2004 Indonesia bisa keluar dari krisis. Lalu bagaimana respons Presiden Jokowi?

“Pak Jokowi pun menegaskan keseriusan pemerintah, termasuk bagaimana para menteri harus fokus menangani berbagai tantangan perekonomian, krisis pangan-energi, dan tekanan internasional akibat pertarungan geopolitik,” katanya di Jakarta, Sabtu (8/10).(mcr8/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... AHY Membisikkan Kalimat Begini kepada Anies Capres Nasdem di TIM, Hmmm


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler