Hasto Ungkap Fakta soal Restu Bu Mega, Pendukung Ganjar Pasti Kecewa

Rabu, 19 Oktober 2022 – 19:27 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Dokumen PDIP.

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menegaskan bahwa Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sampai saat ini belum memberikan restu kepada siapa pun untuk menjadi capres 2024.

Menurut dia, restu sang ketua umum baru bisa diketahui ketika PDIP sudah memutuskan secara resmi nama calon presiden jagoannya.

BACA JUGA: Ganjar Berani Deklarasi Siap Jadi Capres, Bu Mega Pasti Sudah Merestui

"Ya, namanya (capres) saja belum diumumkan, restu itu nanti," kata Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) itu kepada wartawan di Sekolah Partai PDIP, Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (19/10). 

Hasto menyebut restu dari Megawati biasanya diketahui setelah Presiden kelima RI itu mengumumkan secara resmi sosok yang didukung PDIP sebagai capres. 

BACA JUGA: Ganjar Siap Maju sebagai Capres, Willy NasDem: Mas Anies Dapat Rival Sepadan

Dia lalu mengingatkan bagaimana Megawati mengumumkan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres dari PDIP pada Maret 2014.

"Dengan seperti dulu, ketika Bu Megawati memutuskan dan dengan tulisan tangan beliau itu memutuskan untuk menetapkan Pak Jokowi sebagai capres pada 2014, itu pada Maret," lanjut Hasto.

BACA JUGA: Kesiapan Ganjar Jadi Capres Sejalan dengan Aspirasi Bawah PPP

Pria kelahiran Yogyakarta itu tetap menghargai pernyataan Ketua GP Mania Immanuel Ebenezer atau Noel soal Ganjar mendapat restu dari Megawati menjadi capres. 

Noel sebelumnya menilai Ganjar mendapat restu dari Megawati sebelum alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) itu mengaku siap maju sebagai capres. 

"Ya, setiap di dalam negara demokrasi, kan, bisa berpendapat, tetapi yang penting bagi partai skala prioritas karena kami mengahadapi masalah perekonomian yang tidak ringan," kata Hasto. 

Sebelumnya, Noel menyebut Ganjar adalah kader PDIP yang taat. Tidak mungkin mantan legislator Komisi II DPR RI itu bicara pencapresan tanpa dukungan Megawati. 

"Ibaratnya, ini isyarat PDI Perjuangan ‘jorokin’ (dorong) Ganjar untuk turun langsung ke medan gelanggang," kata Noel melalui layanan pesan, Rabu (19/10).

Ke depan, aktivis 1998 itu berharap, Ganjar bisa lebih leluasa untuk bergerak ke semua daerah untuk meraih simpati para sukarelawan PDI Perjuangan. 

"Kami senang atas sinyal halus yang diberikan Ibu Megawati melalui kader terbaik Ganjar Pranowo,” kata Noel. (ast/jpnn) 


Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler