Hasyim Muzadi Minta KPK Tangani Politik Uang di Pilkada

Jumat, 07 Juni 2013 – 18:40 WIB
JAKARTA - Tokoh ulama Indonesia, KH Hasyim Muzadi, mendadak mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat (7/6) siang. Hasyim langsung masuk ke dalam untuk bertemu impinan KPK.

Usai pertemuan, bekas Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama, itu memberikan keterangan kepada sejumlah awak media yang sudah menantinya.

Hasyim meminta KPK mengawasi penggunaan uang negara dalam setiap pemilihan kepala daerah. "Saya minta kepada KPK mengawasi uang negara dan korupsi, supaya dilakukan investigasi sebelum (pelaksanaan) pilkada," kata Hasyim.

Dijelaskan Hasyim, berbagai bentuk kecurangan pilkada berlangsung sebelum dan setelah pelaksanaan pemungutan suara. Menurutnya, Mahkamah Konstitusi (MK) tidak efektif mengatasi persoalan-persoalan kecurangan di pilkada, terutama masalah politik uang.

"Biasanya masalah itu ditangani di MK dan di MK tidak efektif," kritik Hasyim.

Karenanya, ia meminta KPK melakukan investigasi sebelum Pilkada berjalan.  Terutama, pemeriksaan terhadap penggunaan uang APBD.

"Tolong Pilkada terutama yang potensial untuk terjadi korupsi dilakukan investigasi sebelum pilkada itu berjalan," katanya. Saat ditanya Pilkada di mana saja yang dimintanya untuk diawasi KPK, Hasyim lugas menjawab Jawa Timur.

"Saya harap KPK berkoordinasai dengan BPK (Adan Pemeriksa Keuangan) dan PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan)," pungkasnya. (boy/jpnn)


BACA ARTIKEL LAINNYA... PKS Siap Menterinya Dicopot

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler