Heboh Video Makam Dibongkar, Orang Hidup Lagi, Oh Ternyata

Rabu, 30 Mei 2018 – 08:01 WIB
Orang meninggal hidup lagi. Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Seorang pembaca Jawa Pos, Selasa (29/5), mengirimkan sebuah video tentang seseorang yang sudah dikubur, kemudian disebut hidup lagi di Kalimatan Selatan.

Pembaca itu ingin mendapatkan fakta yang sebenarnya dari video tersebut. Sebab, dia mendapatkan hal itu dari sebuah grup WhatsApp.

BACA JUGA: Buruh Pelabuhan Meninggal Mengenaskan

”Di KM 7 Banjarmasin. Kalsel... seseorang yg telah meninggal dan sudah dimakamkan selama 4 hari menangis di dalam kubur. Warga sekitar yg mendengar tangisan itu penasaran. Dan ahirnya memberitahukan kepada pihak keluarga. Kemudian makam itu dibongkar lagi. Kejadian luar biasa terjadi. Ternyata orang itu hidup kembali...!!!” tulis pesan yang menyertai video tersebut.

Di akhir pesan, si penyebar video menambahkan kalimat yang sebenarnya baik. Yakni, ajakan untuk tidak meninggalkan salat.

BACA JUGA: Pedagang Babi Keliling Diterjang Peluru Senjata Api dari Jarak Dekat

”Setelah dia normal kesehatannya, dia menangis tuk memohon kpd seluruh umat, terutama saudara saudaranya, agar jgn melalaikan salat, banyak mengingat Allah, banyak berbuat amal kebaikan, karena waktu dikubur benar benar sudah dipertanggung jawabkan,” tulis pesan itu.

Video yang tersebar tersebut memang benar. Yakni, penggalian makam yang sebelumnya digunakan untuk mengubur seseorang. Tetapi, apa yang ada di dalam video itu sebenarnya kejadian lama. Dikutip dari pojoksatu.id (Jawa Pos Group), peristiwa dalam video tersebut terjadi sekitar 2010. Namun, naskah yang menyertai video itu keliru.

BACA JUGA: Astaga! Bermain Donat Boat di Kepulauan Seribu, Pria Ini Tewas

Orang yang meninggal dan makamnya dibongkar lagi tersebut bernama Yadi. Dia merupakan warga Kelurahan Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan, Kalimantan Selatan. Makam Yadi dibongkar setelah delapan jam dimakamkan, bukan empat hari seperti narasi yang banyak tersebar di media sosial.

Pembongkaran itu juga dilakukan atas permintaan keluarganya. Ceritanya, setelah pemakaman, istri Yadi seperti orang kesurupan dan menyakini suaminya masih hidup. Dia minta makam suaminya dibongkar untuk memastikan.

Yadi diceritakan meninggal karena tenggelam di sebuah sungai. Saat ditemukan, dia sekarat. Namun, kemudian pihak rumah sakit memastikan Yadi meninggal.

Setelah dimakamkan, istri Yadi masih tak percaya. Karena itu, akhirnya makam dibongkar. Jenazah Yadi dibawa ke rumah sakit untuk kembali diperiksa. Tim medis sebenarnya tetap menyatakan bahwa Yadi telah meninggal.

Tetapi, keluarga tidak yakin karena menganggap tubuh Yadi masih hangat dan berkeringat. Akhirnya, setelah tak ada tanda-tanda kehidupan, keluarga pun pasrah dan jenazah kembali dimakamkan.

Pesan itu sempat menyebar beberapa kali. Terakhir, pesan tersebut sempat heboh di pengujung 2017. Pihak kepolisian setempat saat itu sempat menyebutnya hoaks. Sebab, memang ketika itu tidak ada kejadian seperti disebutkan dalam pesan yang beredar di media sosial tersebut. Polisi tidak salah karena kejadian dalam video itu ternyata sudah lawas. (gun/c20/fat)

Fakta
Video tentang pembongkaran makam karena orang yang di dalamnya diduga masih hidup memang ada. Tapi, setelah diperiksa, ternyata orang tersebut benar-benar sudah meninggal.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Digigit Anjing, Kolaps, Meninggal, Hidup Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler