Henry Balik Kandang

Senin, 09 Januari 2012 – 13:20 WIB
LONDON - Ingin melihat Thierry Henry kembali memperkuat Arsenal? Jika tidak terkendala fisik, Henry berpeluang tampil ketika The Gunners -sebutan Arsenal- menghadapi Leeds United di ajang Piala FA dini hari nanti (siaran langsung Global TV kickoff 02.45 WIB).
 
Henry adalah top scorer sepanjang masa Arsenal dengan 226 gol kala bermain pada periode 1999-2007. Pada 6 Januari lalu, striker 34 tahun itu resmi dipinjam Arsenal selama dua bulan dari klub MLS (Liga Sepak Bola Amerika Serikat) New York Red Bulls.
 
Keputusan Arsenal meminjam Henry merupakan ide pelatih Arsenal Arsene Wenger untuk menutup absennya Gervinho dan Marouane Chamakh.  Keduanya harus berlaga ke Piala Afrika.
 
Namun, Wenger masih belum memastikan apakah Henry bakal turun starter atau tidak dini hari nanti. Sebab, kecuali Van Persie yang bakal diistirahatkan, masih banyak opsi di lini depan. Antara lain striker muda Alex Oxlade-Chamberlain dan striker internasional Korea Selatan Park Chu-young. Chamakh juga dikabarkan belum bergabung dengan pemusatan latihan timnas Maroko.

"Kami akan menunggu kondisi terakhirnya sampai hari H. Saya menonton langsung laga Thierry di MLS dan saya melihat dia masih sangat berbahaya di area kotak penalti," kata Wenger kepada Arsenal TV.
 
Ucapan Wenger berbanding lurus dengan statistik. Henry memiliki rekor sempurna melawan Leeds dengan mencetak 11 gol dalam 11 pertemuan dengan klub yang kini berlaga di Championship tersebut. "Dia mungkin tidak sama dengan beberapa tahun lalu, tapi dia tetap akan menarik perhatian pemain belakang lawan," tutur pelatih berjuluk The Professor itu.

Salah satu bukti Wenger masih berharap banyak kepada Henry adalah dengan memasukkan nama mantan striker Barcelona dan Juventus itu dalam skuad Liga Champions. Itu berarti Henry bisa turun melawan AC Milan di babak 16 besar, baik di leg pertama di San Siro (15/2) maupun leg kedua di Emirates (6/3).
 
"Ya, dia masuk dalam skuad. Saya telah meminjamkan Vito Mannone (kiper Arsenal, Red) ke Hull City dan Thierry akan mengisi kuotanya," jelas Wenger.
 
"Dia memiliki kenangan bagus bermain di Milan saat mencetak tiga gol ke gawang Inter Milan. Jadi, cukup logis untuk menyertakannya," sambungnya.

Di sisi lain, Arsenal memiliki rekor home positif di Piala FA. Yakni, hanya kalah sekali dari 35 home terakhir. Tapi, perlu dicatat apabila satu-satunya kekalahan itu dialami dari Leeds. Kedua tim juga bertemu di ajang yang sama musim lalu. Arsenal menang 3-1 di Elland Road, kandang Leeds. Tapi, itu adalah laga replay setelah Leeds mampu memaksakan hasil 1-1 di Emirates. (dns/bas)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Pesta Gol di Kandang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler