Pesta Gol di Kandang

Senin, 09 Januari 2012 – 07:19 WIB

BOJONEGORO - Kesempatan bermain di kandang membuat tim Persibo Bojonegoro garang. Buktinya, tim berjuluk Laskar Angling Dharma ini mampu mengalahkan tim tamu Persijap Jepara dengan skor telak 5-0 (3-0) dalam lanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL), kemarin sore (8/1).

Lima gol Persibo diborong oleh dua penyerangnya, Samsul Arif dan Iskandar. Iskandar mencetak hat-trick pada menit 29, 42, dan 59. Sedangkan kapten Persibo Samsul Arif menyumbang dua gol yang dicetak pada menit 24 dan 74. Kemenangan ini membuat Persibo menjadi momok bagi tim-tim lain untuk berebut klasemen papan atas IPL.

Pelatih Persibo Paolo Camargo pun tersenyum melihat pemainnya bisa menang dalam kondisi hujan. Padahal, sebelumnya dia mengakui jalannya permainan dengan kondisi hujan ini akan membuat timnya kerepotan. "Kondisi hujan, lapangan berat, namun fisik pemain bagus," kata Camargo seusai pertandingan.

Meski Iskandar menciptakan hat-trick dan Samsul dua gol, Camargo tetap salut kepada permainan Jairon Feliciano. Justru dia menganggap pemain dengan perawakan gundul ini merupakan pemain terbaik dalam pertandingan tersebut. "Dia bisa bermain serta umpan ke kanan-kiri," terangnya.

Selain kondisi fisik bagus, Paolo mengungkapkan kemenangan dalam pertandingan hujan ini karena pemain dengan konsentasi penuh. Lapangan tengah dengan kombinasi Mekan Nasirov dan Gustavo Hernan Ortiz ini menguasai jalannya pertandingan. "Mereka bisa bermain umpan ke kanan maupun kiri," katanya.

Paolo sempat kaget di awal pertandingan. Sebab, anak asuhnya bermain dengan lapangan berat dan turun hujan. Apalagi, di awal pertandingan Persijap dengan penyerangnya Julio Lopez mampu membahayakan barisan belakang Laskar Angling Dharma. "Saat itu, bahaya bagi kita," katanya. Namun jalannya pertandingan berubah, dalam penguasaan Persibo, setelah Samsul Arif menciptakan gol pertama di menit ke-24.

Agus Yuwono mengakui permainan Persibo lebih baik. Meski kalah telak, Agus Yuwono mengungkapkan permainan Persijap tidak buruk. Sebaliknya, permainan Persijap dengan kapten Anam Sahrul ini dianggap tidak mengecewakan. Bahkan, ini sebagai permainan terbaik Persijap saat melakoni lanjutan kompetisi IPL. "Permainan bagus, hanya dengan hasil buruk," katanya.

Agus Yuwono menyesalkan gol pertama Persibo. Dia memang enggan menyebut secara pasti itu off-side. Dia meminta wartawan koran ini menilai sendiri kepemimpinan wasit Agus Fauzan Arifin dari Sleman.

"Mereka ada dua meter di bekalang kami, silahkan anda menilai sendiri," ujarnya. Meski lapangan basah, jalannya pertandingan tidak sampai terjadi benturan keras. Meski demikian, tiga kartu kuning keluar dari saku Agus Fauzan Arifin. (rij/fiq)

Data dan Fakta

Persibo        : 5 (3-0)
Pencetak Gol        : Samsul Arif (24 dan 74), Iskandar (29, 42, dan 59)
Kartu Kuning        : Hernan Ortis (15) dan Bijahil Calwa (84)
Susunan Pemain    : Fauzi Toldo (g), Aang Suparman, Lexe Anderson, Sigit Meiko, Novan Setia, Edy Sibung Sukamto/ Jajang Paliama (76), Gustavo Hernan Ortis/ Aulia Tri H (20), Mekan Nasirov, Iskandar/ Bijahlil Calwa (78), Samsul Arif (c), Jairon Feliciano.
Pelatih         : Paulo Camargo

Persijap Jepara    : 0
Kartu Kuning        : Kim Sam Duk (72)
Susunan Pemain    : M. Yasir (g), Banaken Basoken, Kasiyadi/ Wirahadi (61), Anam Sahrul (c), Ferly La, Kim Sang Duk/Bayu Andra (81), Nurul Huda, Danan Puspito, Diva Tarkas, Yahya Sosomar/ Noorhadi (34), Julio Lopez.
Pelatih         : Agus Yuwono

Stadion        : Letjen H. Soedirman
Wasit             : Agus Fauzan Arifin dari Sleman
Penonton        : 16 ribu
Cuaca             : Hujan


BACA ARTIKEL LAINNYA... Striker Asing Mengecewakan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler