Herman Herry: Semoga Polri Makin Jaya dan Berlimpah Cinta dari Masyarakat

Rabu, 01 Juli 2020 – 14:34 WIB
Herman Herry bersalaman dengan Idham Azis, beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Herman Herry menaruh sejumlah harapan di HUT ke-74 Bhayangkara yang jatuh pada hari ini, 1 Juli 2020.

Dia berharap Polri terus mengembangkan diri untuk tetap menjadi tulang punggung stabilitas nasional.

BACA JUGA: HUT ke-74 Bhayangkara, Jokowi: Semoga Seluruh Personel Polri dan Keluarga Diberi Kesehatan

"Selamat merayakan ulang tahun ke-74 bagi segenap Korps Bhayangkara," kata Herman, Rabu (1/7).

Herman berharap semoga Polri bisa terus menjadi penegak hukum yang jujur, adil, dan profesional, memegang teguh amanat konstitusi, serta menjunjung tinggi penghargaan terhadap hak asasi manusia.

BACA JUGA: Bamsoet Teringat Kisah Jenderal Hoegeng Saat Bikin Kota Medan Gempar

"Semoga Polri makin jaya serta kian berlimpah cinta dari masyarakat," ucap Herman.

Lebih lanjut politikus PDI Perjuangan itu mengharapkan Polri agar terus bisa meningkatkan sinergitas dengan seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA: Herman Herry Apresiasi Satgassus Polri dalam Pengungkapan 402 Kg Sabu-sabu Jaringan Iran

"Salah satunya lewat upaya mengembangkan kemampuan diri seturut perkembangan zaman dan teknologi," kata HH, sapaan akrab Herman.

Menurut Herman, upaya aparat Polri mengembangkan diri dan kemampuannya tidak lepas dari makin canggihnya pola serta modus yang dipakai para pelaku kejahatan dalam melancarkan aksi.

"Cepatnya perubahan di masyarakat serta kecanggihan teknologi kini menjadi tantangan khusus yang mesti bisa direspons dengan baik oleh aparat kepolisian," tutur Herman.

Ia menyatakan aparat yang kini dipimpin oleh Kapolri Jenderal Idham Azis itu harus peka terhadap perubahan serta mampu menjaga suasana selalu kondusif.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Herman juga menilai Polri tidak pernah berhenti untuk melakukan penegakan hukum dalam melindungi masyarakat.

Dengan langkah cepat aparat kepolisian telah berhasil dalam mengantisipasi pergerakan Kelompok Anarko yang ingin membuat kekacauan yang memanfaatkan keadaan pembatasan sosial bersakala besar (PSBB).

Selain itu Polri juga menunjukkan keberhasilan dalam mengungkap tindak kejahatan narkoba jaringan internasional. "Ini patut diapresiasi,” tegas legislator asal Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, itu.

Di sisi lain, Herman juga melihat ada dua isu penting yang harus diperhatikan segenap aparat kepolisian, yaitu perlindungan atas HAM dan pengentasan reformasi birokrasi Polri.

Dia menuturkan, tren di dunia telah mengajarkan bahwa setidaknya ada dua ciri khas utama polisi yang modern.

Yakni, perlindungan yang tinggi terhadap HAM dan pengentasan terhadap tata laksana kelembagaan dan manajemen SDM Polri yang efektif dan efisien.

"Apalagi merujuk kepada Grand Strategy Polri tahun 2005-2025, saat ini Polri sedang memasuki tahap Strive for Excellence," pungkasnya. (boy/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler