Heru Budi Resmikan 4 Reservoir Komunal, Penampungan Air yang Bisa Layani 7.741 KK

Rabu, 04 Oktober 2023 – 11:15 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan reservoir komunal Waduk Pluit yang berlokasi di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Jakarta Utara, Rabu (4/10). Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan reservoir komunal Waduk Pluit yang berlokasi di Rusun Waduk Pluit Muara Baru, Jakarta Utara.

Reservoir komunal adalah penampungan air di dekat permukiman yang jauh dari sumber utama instalasi pengolahan air PAM Jaya.

BACA JUGA: Warga Marunda Sempat Kekurangan Air Bersih, PAM Jaya Sediakan Reservoir Komunal

PAM Jaya membangun empat tambahan reservoir komunal dan 1 Instalasi Pengolahan Air (IPA) Portable dengan total biaya investasi sebesar kurang lebih Rp 41 miliar.

Heru mengatakan peresmian tersebut sebagai salah satu langkah PAM Jaya untuk mengurangi keluhan warga soal air bersih.

BACA JUGA: Penampungan Air di LRT Jalan Rasuna Said Jebol, Polisi Sigap Lakukan Ini

“Saya titip Pak RT, Pak RW untuk dimanfaatkan warga. Air bersih di Jakarta untuk masyarakat cukup terjangkau, Rp 1.000 per kubik,” ucap Heru di lokasi, Rabu (4/10).

Kepala Sekretariat Presiden itu pun mengingatkan agar masyarakat menggunakan air bersih dengan bijak.

BACA JUGA: Kronologi Kecelakaan Mengerikan di Exit Tol Bawen yang Menewaskan 4 Orang

Terlebih, pada tahun-tahun berikutnya cuaca panas dan kemarau diperkirakan bakal lebih panjang. Sehingga kebutuhan air akan terus tinggi.

“Artinya kalau menggunakan air bersih harus dengan bijak karena kebutuhan air bersih ini kan terbatas, walaupun kita sudah menjangkau titik terjauh dari pusatnya,“ kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Perumda PAM Jaya Arief Nasruddin mengatakan penyediaan reservoir komunal ini dalam rangka mewujudkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030 bagi seluruh warga Jakarta.

Air tampungan di reservoir akan dipompakan ke rumah-rumah warga. Sehingga pelanggan yang merupakan titik terjauh dari lokasi Jaya dapat menerima debit air yang cukup.

“Pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit bertujuan untuk mengatasi kekurangan air bersih di wilayah Rusun Waduk Pluit, Elektro, Pergudangan Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara, dan sekitarnya,” jelas Arief.

Menurut Arief, pembangunan Reservoir Komunal Waduk Pluit berlangsung selama 3 bulan.

Debit air 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kuik, cakupan perbaikan 282 pelanggan, dan sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2.

Selain reservoir komunal Waduk Pluit, Hari ini PAM Jaya juga melakukan operasionalisasi 3 reservoir komunal lainnya di berbagai wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

1. Cilincing, Jakarta Utara: Debit 100 liter per detik, kapasitas reservoir 600 meter kubik, cakupan perbaikan 6.516 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Buaran 2.

2. Marunda, Jakarta Utara: Debit 75 liter per detik, kapasitas reservoir 560 meter kubik, cakupan perbaikan 418 pelanggan, termasuk penghuni Rusun Marunda. Sumber air berasal dari IPA Buaran 2.

3. Tamansari, Jakarta Barat: Debit 5 liter per detik, kapasitas reservoir 50 meter kubik, cakupan perbaikan 233 pelanggan. Sumber air berasal dari IPA Pejompongan 2.

Sehingga total reservoir yang dibangun oleh PAM Jaya saat ini adalah 6 reservoir komunal, sebelumnya sudah terbangun reservoir komunal di Marunda Kepu yang sudah diresmikan pada Desember 2022 dengan kapasitas reservoir 18 meter kubik untuk cakupan perbaikan 203 pelanggan. (mcr4/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sst, Ada yang Baru dari Pengakuan Pemeran Film Dewasa, Hhmmm


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler