Heru Dianggap Layak Jadi Gubernur Jakarta 2024

Minggu, 12 Mei 2024 – 19:11 WIB
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Foto: Ryana Aryadita/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Rumah Aktivis Institute (RAI) Andri Nurkamal mengapresiasi kinerja Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang meraih angka kepuasan publik hingga 60 persen lebih.

Angka itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga Arus Survei Indonesia pada 2024 ini.

BACA JUGA: Heru Budi Perintahkan Jajaran Tertibkan Juru Parkir Liar di Minimarket

“Tingkat kepuasan publik tersebut akan kian meningkat lantaran Heru terus menggencarkan program pelayanan yang efektif, efisien, dan tepat sasaran,” ucap Andri dalam keterangannya, Minggu (12/5).

Menurut dia, pengalaman Heru menjadi Pj Gubernur cukup menjadi dasar untuk terus memimpin Jakarta lima tahun ke depan guna menyukseskan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA: Prabowo Sudah Berkesimpulan, Sosok Ini Dianggap Cocok Jadi Gubernur Lampung

"Kepuasan publik bagus. Itu baru Pj, punya modal mumpuni, punya prestasi buat jadi gubernur (definitif). Setidaknya 5 tahun ke depan proses pembangunan DKJ dan Kota Global harus berkelanjutan,” kata dia.

Andri menjelaskan, prestasi kepemimpinan Heru di Jakarta dibuktikan dengan beragam penghargaan dari sejumlah lembaga tinggi yang diterima oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

BACA JUGA: KPU Ungkap Sudirman Said Daftar Jadi Bacalon Gubernur DKI Jalur Independen

Misalnya, penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) sebagai Unit Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima dengan Nilai Tertinggi (A).

Kemudian, penghargaan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk Pemprov DKI Jakarta sebagai Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Tingkat Provinsi dengan Profil Terbaik.

Di bidang pemerintahan, Pemprov DKI Jakarta juga meraih piagam penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Selanjutnya, terang Andri, penghargaan Dukcapil Prima sebagai Provinsi Terbaik dalam pelaksanaan digitalisasi pelayanan kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ini bukti dalam jangka waktu satu tahun lebih, mas Heru berhasil meletakkan pondasi-pondasi perbaikan kualitas pelayanan untuk juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jakarta," tuturnya.

Lalu, dari sisi lingkungan, Heru memiliki political will guna mewujudkan iklim lingkungan yang sehat, bersih, produktif dan hijau.

Dia berpendapat, keseriusan Heru dalam merawat lingkungan dibuktikan dengan pemanfaatan ruang terbuka sebagai lahan tanam produktif melibatkan perangkat pemerintahan serta warga setempat.

"Mas Heru juga kan berhasil dengan beberapa pencapaian, seperti dalam hal mendukung program Baznas. Dapat sertifikasi Baznas sebagai Gubernur Pendukung Utama Pengelolaan Zakat,” tambahnya. (mcr4/jpnn)


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler