Hiatus Kaiyote Umumkan Judul dan Jadwal Rilis Album Baru

Jumat, 29 Maret 2024 – 12:12 WIB
Hiatus Kaiyote, band asal Melbourne. Foto: Dok. Brainfeeder Records/Rocket W

jpnn.com, AUSTRALIA - Band asal Melbourne, Hiatus Kaiyote akhirnya mengumumkan judul album baru yakni ‘Love Heart Cheat Code’.

Album tersebut rencana dirilis pada 28 Juni 2024 lewat Brainfeeder Records / Ninja Tune.

BACA JUGA: Hiatus Kaiyote Rilis Lagu Bertema Halloween, Canopic Jar

Bersamaan dengan pengumuman itu, Hiatus Kaiyote juga membagikan single terbaru bertajuk Make Friends.

Lagu itu menjadi cuplikan kedua album terbaru setelah single Everything’s Beautiful” yang diluncurkan Januari 2024 lalu.

BACA JUGA: Hiatus Kaiyote Akhirnya Melepas Album Ketiga Mood Valiant

Hiatus Kaiyote membagikan pengumuman album ‘Love Heart Cheat Code’ lewat sebuah video serba jenaka dengan latar supermarket keluarga dan estetik rekaman handycam.

Make Friends menjadi lagu terakhir yang dimasukkan ke album baru Hiatus Kaiyote.

BACA JUGA: Hiatus Kaiyote Angkat Tema Aneh dalam Lagu Baru

Band beranggotakan Naomi “Nai Palm” Saalfield (gitar, vokal), Paul Bender (bass), Simon Mavin (keyboard), dan Perrin Moss (drum) itu awalnya tidak pernah berencana untuk menambahkan lagu itu ke dalam album.

Terinspirasi dari sebuah perkataan bijak yang dilontarkan teman yang berbunyi 'You don’t make friends, you recognise them', lagu Make Friends mengingatkan vokalis Hiatus Kaiyote, Nai Palm, bahwa rasa cinta yang dalam dan platonik belum terwakili dengan baik di luar sana.

"Aku ingin ada perwakilan dari berbagai orang-orang yang aku cintai mulai dari wanita-wanita di hidupku, yang laki-laki pun, bahkan teman-teman non-binerku. Pendekatan penulisan seperti itu sangat alami dan menyenangkan," kata Nai Palm.

"Saat aku menyanyikan bait verse ketiga aku menggunakan pronoun they/them dan aku sempat terhenti sejenak karena aku sadar bahwa konsep inklusivitas belum dirasakan oleh banyak teman-teman terbaikku," sambungnya.

Album ‘Love Heart Cheat Code’ merupakan gambaran kehidupan empat musisi yang berdansa bersama-sama di ujung tanduk, digambarkan lewat 11 lagu yang memancarkan musikalitas Hiatus Kaiyote yang gemilang.

Meski dikenal lewat kompleksitas dan nuansa musik yang serba maksimalis, Hiatus Kaiyote kali ini bersinar lewat hal-hal yang lebih sederhana di album baru.

"Aku adalah seorang maksimalis, aku mempersulit semuanya. Namun makin banyak hal yang kamu lalui dalam hidup, kamu akan menjadi makin santai dan merasa lebih bebas. Aku merasa album ini adalah hasil dari pemikiran itu bagi kami. Kami tidak perlu mempersulit banyak hal jika sebuah lagu tidak butuh dipersulit," jelasnya.

Arah musik dari Hiatus Kaiyote dalam album terbaru tidak pernah direncanakan dari awal.

Band yang telah meraih 3 nominasi Grammy Award itu menciptakan semua musik penuh dengan spontanitas yang tertuang dalam sesi-sesi jamming yang berakhir sampai larut malam hingga dini hari.

Album tersebut juga menampilkan musisi-musisi Melbourne seperti Taylor 'Chip' Crawford yang memainkan instrumen buatannya sendiri bernama frello; gitaris Tom Martin; dan pemain suling Nikodemos; serta kehadiran sosok kreatif yang penting di album ini yaitu Mario Caldato.

Hiatus Kaiyote selalu menganggap album-album layaknya kumpulan mikrokosmos yang membentuk sebuah ekosistem.

Pada album ‘Love Heart Cheat Code’, Hiatus Kaiyote menyiapkan sebuah dunia visual bersama seniman multimedia asal Toronto, Rajni Perera.

Hiatus Kaiyote menggunakan salah satu lukisan Rajni sebagai sampul album terbaru.

Ilustrator Chloe Biocca dan Grey Ghost kemudian berkolaborasi dengan Hiatus Kaiyote untuk menciptakan simbol-simbol visual dan beragam artefak untuk masing-masing lagu yang kemudian dihubungkan dengan lukisan Rajni. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dedi Yondra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler