Hina Obama di Facebook, Marinir AS Dipecat

Kamis, 26 April 2012 – 15:31 WIB

SAN DIEGO - Seorang anggota Marinir Amerika Serikat, Sersan Gary Stein, akan segera dipecat dari kesatuannya gara-gara ulahnya menjelek-jelekkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Facebook. Korps Marinir AS mengumumkan bahwa perbuatan Stein sangat tidak pantas.

Tak hanya dipecat, Stein juga tidak akan mendapat sebagian besar tunjangan jabatannya. Brigjen Daniel Yoo yang mengkomandoi pusat perekrutan Korps Marinir di San Diego, mengatakan bahwa keputusan pemberhentian dengan tidak hormat yang dijatuhkan kepada Stein diambil berdasarkan bukti-bukti kuat. Sesuai kebijakan militer sejak era Perang Sipil, anggota militer AS dilarang berbicara terlalu banyak di muka umum dan dilarang keras mengkritik pimpinan.

Sebagaimana dikutip AP Kamis (26/4), tindakan tegas yang diambil kesatuan Stein terjadi setelah pada tanggal 1 Maret lalu dia membuat sebuah postingan dalam Facebook bertuliskan: “Persetan dengan Obama dan saya tidak akan pernah mengikuti perintahnya lagi.”  Setelah perbuatannya ini ramai diberitakan di media, Stein mengklarifikasi kalau dia tetap menghormati sang Presiden tapi tidak akan menjalankan perintah yang melanggar hukum.

Kepada wartawan, Stein mengaku sangat kecewa dengan keputusan pemecatan dirinya. Menurutnya, dia hanya melaksanakan hak konstitusionalnya untuk berbicara dan berpendapat. “Saya sangat cinta Korps Marinir dan saya tidak percaya bagaimana 15 kata yang saya posting di Facebook bisa merusak karir saya selama sembilan tahun,” katanya.
 
Gary Kreep, seorang pengacara untuk Stein, menyatakan mereka siap membawa kasus pemecatan itu ke pengadilan umum.  Hal ini dilakukan karena usaha banding ke administrator militer kemungkinan tidak akan membuahkan hasil.

Dalam sebuah sesi persidangan militer atas kasus ini, jaksa penuntut mengungkapkan bahwa Stein telah membuat sebuah laman khusus bertujuk Pesta Teh Angkatan Bersenjata di Facebook khusus untuk menjelek-jelekan Presiden Obama. Dia disebutkan juga menyertakan foto sang presiden ke sebuah poster film Jackass,  sejenis acara realitas yang menampilkan sekelompok orang melakukan hal-hal bodoh untuk merasakan sensasi sakit.(AP/ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Hong Kong Batasi Turis Hamil asal Cina


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler