Hindari Antrean Panjang dan Macet, Pemudik Memilih Pulang Lebih Awal

Kamis, 29 Juni 2017 – 16:00 WIB
Seorang porter memilih jalur kedatangan lantaran jalur gangway untuk keberangkatan penuh sesak pemudik pejalan kaki. Rabu (28/6). Sebanyak 62.758 pemudik kembali ke pulau Jawa pada H+3 tersebut. Foto: Rizky Panchanov/Radar La

jpnn.com, BAKAUHENI - Arus balik Lebaran mulai terlihat di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan pada H+2 (hitungan ASDP) atau H+3 (hitungan umum). Mereka mulai terlihat ramai berdatangan ke pelabuhan sejak pukul 07.00 WIB hingga siang hari.

Pemudik memilih pulang lebih awal karena tak mau terkena kemacetan dan antrean panjang. Ribuan pemudik pejalan kaki memenuhi gangway (jalan khusus pejalan kaki) di dermaga I dan II pelabuhan Bakauheni kemarin.

BACA JUGA: Please, Taat Aturan Berlalu Lintas agar Arus Balik Lancar

Aan (35) salah satu pemudik yang ditemui wartawan koran ini mengatakan jika dirinya memilih pulang lebih awal meskipun libur masih panjang, ia beralasan untuk menghindari antrian panjang saat pembelian tiket.

“Kan pas mudik kemarin saya berangkatnya H-2 itu kerasa banget padetnya di pelabuhan Merak. Jadi belajar dari pengalaman kemarin ya pulang lebih awal lah,” papar pemudik asal Bogor ini kepada Radar Lampung (Jawa Pos Group). 

BACA JUGA: Berkas Perkara Anggota Dewan Terlibat Penipuan Rp1 Miliar Belum Dilimpahkan

Senada, hal yang sama disamapikan Ari (40) pemudik yang mudik dari Panjang, Bandarlampung yang hendak pulang ke Karawang, Jawa Barat ini mengaku jika dirinya pulang lebih awal untuk menghindari kemacetan selama di perjalanan.

“Tadi (kemarin, red) aja ngantri tiket sampai setengah jam, apalagi nanti mungkin bisa lebih lama lagi. Apalagi kita naik kendaraan umum jadi perjalanan lebih lama,” kata pria yang membawa anak dan istrinya ini untuk mudik.

BACA JUGA: Hari Ini Tol Fungsional Pemalang-Batang Dibuka Lagi setelah Diperbaiki

Sementara dari data yang diterima Radar Lampung hingga H+2 Selasa (27/6) hingga pada Rabu (28/6) pagi pukul 08.00 wib H+3 sebanyak 62.578 pemudik yang pulang kembali menuju pulau Jawa. Dari total 943.371 penumpang selama sepekan arus mudik dari pelabuhan Merak Banten.

“Jumlah penumpang yang kembali ke pulau Jawa baru 11 persen. Sebanyak 836.314 pemudik belum kembali,” papar Ahsan Muhtar koordinator data ASDP cabang Bakauheni kemarin.

Sebanyak 62.578 pemudik itu terdiri dari 12.123 pejalan kaki. Kemudian kedua penumpang dalam kendaraan sebanyak 50.455 penumpang yang berada didalam kendaraan.

Untuk kendaraan roda dua juga mengalami kenaikan, dari H+1 kemarin sebanyak 3.473 naik menjadi 5.283 pesepeda motor dihari H+2 kemarin. Jumlah mobil roda empat juga mengalami kenaikan yakni sebanyak 6.961 hingga Rabu pagi.

Jika ditambah bus dan truk dan ditotal menjadi 12.732 kendaraan. Tren penumpang pada arus balik terjadi pada pagi dan sore hari. Hal itu berbeda dengan tren mudik yang cendrung dilakukan pada malam hingga dini hari.

Sementara Kapolres Lampung Selatan AKBP Adi Ferdian Saputra menjelaskan jika pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas apabila kendaraan mengalami penumpukan didepan tollgate pelabuhan Bakauheni Lamsel.

Ya, adanya flyover Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang langsung menuju tollgate pelabuhan Bakauheni membuat Jalinsum dari arah Bandarlampung menuju masuk ke pelabuhan Bakauheni mengalami penyempitan. Dan dikhawatirkan terjadinya kemacetan

“Kita sudah antisipasi itu, jadi apabila adanya kemacetan maka ruas JTTS di Bakauheni yang sepanjang 1,5 kilometer bisa digunakan secara situasional,” papar mantan Kapolsek Entikong ini.

Nantinya jika terjadi kemacetan para pemudik akan dialihkan menuju desa Way Apus, Bakauheni, Lamsel untuk masuk ke ruas JTTS. Untuk khusus mobil pengantar dan penjemput penumpang, tutur Ferdian, pengendara bisa melalui jalan yang berada dibawah flyover untuk kemudian masuk ke terminal Bakauheni.

“Sementara kalau pemudik roda dua kami menghimbau untuk ambil jalur paling dan roda empat masuk jalur kiri mengarah ke tollgate,” jelas Kapolres.(nca/)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Info Penting! Rest Area di Sepanjang Tol akan Ditutup saat Arus Balik


Redaktur & Reporter : Budi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Arus Balik   Lampung   Lebaran  

Terpopuler