Hindari Hubungan Langsung Direksi BUMN dengan DPR

Minggu, 11 November 2012 – 15:15 WIB
JAKARTA - Gesekan antara DPR dengan Menteri BUMN diharapkan dapat dijadikan momentum agar seluruh perusahaan milik negara tidak berhubungan langsung dengan para wakil rakyat. Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu menyatakan, lebih baik DPR hanya berhubungan dengan Direksi BUMN ketika akan dilakukan provatisasi ataupun Public Service Obligation (PSO).

"Lepaskan BUMN dari wilayah abu-abu. Rapat DPR hanya dengen Menteri BUMN. Jadi tidak ada lagi hubungan langsung antara direksi dengan DPR," kata Said dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (10/11).

Lebih lanjut dikatakan, BUMN harus dibersihkan dari pihak-pihak yang sering melakukan intervensi. Bahkan menurutnya, modus-modus intervensi terhadap BUMN sudah teridentifikasi.

Said juga mengatakan, jajaran direksi BUMN harus ditempati orang-orang yang memiliki kompetensi, berintegritas dan juga pemberani. "Tempatkan orang baik sebagai direksi, 20 orang saja lah," cetusnya.

Namun diakuinya, selama ini selalu ada problem dalam menempatkan orang baik di jajaran direksi BUMN. Said pun mengaku pernah mengalami hal itu, karena mendapat penentangan dari pihak-pihak yang hendak bermain. (Fat/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Harga Premium di Bangkep Masih Tinggi

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler