Hindari Penuaan Dini dengan Konsumsi 13 Makanan Kaya Kolagen

Jumat, 01 Maret 2019 – 21:34 WIB
Makanan sehat yang mengandung kolagen adalah cara paling aman untuk meningkatkan kesehatan kulit. Foto: Everyday Health

jpnn.com - Penuaan dini menjadi satu hal yang kerap ditakutkan para kaum hawa. Kulit yang terlihat menua terkadang membuat seseorang jadi tak percaya diri. 

Oleh sebab itu, diperlukan nutrisi yang cukup agar kulit tetap kencang dan sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen.

BACA JUGA: Joging Santai Bisa Perlambat Tanda-tanda Penuaan, Ini Penjelasannya

Dalam sebuah tinjauan tahun 2012 tentang nutrisi dan penuaan, disebutkan bahwa buah dan sayuran adalah makanan yang paling aman dan sehat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Mengonsumsi makanan kaya kolagen dapat membantu menciptakan asam amino yang dibutuhkan untuk kulit.

Ada tiga asam amino yang penting untuk sintesis kolagen yaitu prolin, lisin, dan glisin. Berikut ini makanan yang bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh, dilansir dari Healthline, baru-baru ini.

BACA JUGA: Cegah Penuaan Dini dengan Masker Pepaya, Begini Cara Membuatnya

1. Kaldu Tulang

Kaldu yang terbuat dari tulang mengandung kalsium, magnesium, fosfor, kolagen, glukosamin, kondroitin, asam amino, dan banyak nutrisi lainnya. Untuk menjamin kualitas kaldu Anda, cobalah membuatnya sendiri dengan tulang yang diperoleh dari penjual daging tepercaya.

BACA JUGA: Lakukan 8 Hal ini agar Wajah Awet Muda

2. Ayam

Ada alasan banyak suplemen kolagen berasal dari ayam. Daging putih ayam memiliki jaringan ikat yang membuat ayam menjadi sumber kolagen. Beberapa penelitian membuktikan bahwa leher dan tulang rawan ayam sebagai sumber kolagen untuk pengobatan radang sendi.

3. Ikan

Seperti hewan lainnya, ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Beberapa orang mengklaim kolagen laut adalah salah satu yang paling mudah diserap.

4. Buah Citrus

Vitamin C memainkan peran utama dalam produksi pro-kolagen, prekursor tubuh untuk kolagen. Karena itu, mendapatkan vitamin C yang cukup sangatlah penting. Seperti yang mungkin Anda ketahui, buah jeruk, grapefruit, lemon, dan limau kaya nutrisi ini.

5. Putih Telur

Meskipun telur tidak mengandung jaringan ikat seperti banyak produk hewani lainnya, tapi bagian putihnya memiliki prolin dalam jumlah besar. Salah satu asam amino yang diperlukan untuk produksi kolagen.

6. Beri

Buah beri merupakan sumber lain yang sangat baik. Satu ons stroberi menyediakan lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Raspberry, blueberry, dan blackberry juga mengandung dosis yang kuat.

7. Buah-buahan Tropis

Buah-buahan tropis seperti mangga, kiwi, nanas, dan jambu biji kaya vitamin C. Jambu biji juga memiliki sejumlah kecil seng, faktor pendamping lain untuk produksi kolagen.

8. Bawang Putih

Bawang putih dapat meningkatkan produksi kolagen. Hal ini dikarenakan bawang putih kaya akan sulfur, yang merupakan mineral membantu menyintesis dan mencegah kerusakan kolagen.

9. Sayuran Hijau

Bayam, kangkung, dan sayuran salad lainnya mendapatkan warna dari klorofil yang dikenal akan sifat antioksidannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi klorofil meningkatkan prekursor kolagen di kulit.

10. Kacang

Kacang adalah makanan berprotein tinggi yang mengandung asam amino yang diperlukan untuk sintesis kolagen. Plus, banyak dari mereka mengandung tembaga, nutrisi lain yang diperlukan untuk produksi kolagen.

11. Kacang Mede

Kacang mengandung seng dan tembaga, yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membuat kolagen.

12. Tomat

Tomat mengandung vitamin C yang dapat menyediakan hampir 30 persen nutrisi penting untuk kolagen. Tomat juga memiliki likopen dalam jumlah besar, antioksidan kuat untuk mendukung kulit.

13. Paprika

Sayuran tinggi vitamin C ini mengandung capsaicin, senyawa antiinflamasi yang dapat memerangi tanda-tanda penuaan. (jpc/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Tanda Anda Mengonsumsi Terlalu Banyak Gula


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler